Yuk, Didik Anak Anda dengan Ilmu Parenting Islami

by:

FamilyInformasiParentingTips dan Trik

Irshady – Anak adalah suatu titipan dari Tuhan. Kelak menjadi seperti apa anak Anda tergantung dari pola asuh orang tua. Maka dari itu ada kewajiban untuk mendidikan anak sesuai dengan yang telah Allah perintahkan. Yuk, didik anak Anda dengan cara-cara islami. Simak tips parenting islami berikut ini.

Didik Anak Tentang Tauhid

Hal utama yang paling penting dalam tips parenting untuk Anda ajarkan kepada anak Anda adalah tentang tauhid. Ajarkan dan selalu ingatkan kepada anak Anda bahwa tidak ada yang wajib disembah kecuali Allah SWT.

Beri Contoh Teladan yang Baik

Anak Anda cenderung meniru perilaku Anda. Maka dari itu, Anda harus memberikan contoh dan teladang yang baik. Anda harus berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Jaga sikap dan cara bicara Anda ketika di depan anak Anda. Berperilakulah sebagaimana Nabi Muhammad SAW memberikan contoh dan berakhlak baik.

Contohkan Disiplin yang Bersahaja

Anda boleh mengajari disiplin pada anak Anda, akan tetapi disiplin yang baik ialah disiplin yang bersahaja bukan disiplin yang keras lalu memukul atau melakukan tindakan kekerasan. Jangan pula Anda mengajari disiplin yang terlalu lembek. Anda harus dapat memberikan porsi disiplin yang pas bagi anak Anda. Terapkan aturan yang tegas namun tanpa kekerasan.

Ajarkan Selalu Sikap Berbagi

Anak-anak identik dengan sikap yang pelit, terlebih terhadap hal yang ia sukai. Anda perlu mengajari sikap berbagai terhadap sesame apalagi terhadap orang yang lebih membutuhkan. Anda bisa latih dengan cara berbagi makanan seperti kue atau permen kepada teman sebayanya.

Hal ini jika dilakukan secara rutin dapat berdampak cukup besar bagi anak Anda. Anda juga gunakan momen Idul Fitri dan Idul Adha sebagai kegiatan berbagai kepada sesama. Ikut sertakan anak Anda dalam setiap kegiatan berbagi.

Selalu Sempatkan Waktu untuk Membaca dan Memahami Al-Qur’an

Anda harus selalu mengajarkan anak Anda untuk menyempatkan waktu sedikitnya 5 menit untuk membaca Al-Qur’an setiap harinya. Lalu setelah itu ajak anak Anda untuk memahami terjemahannya. Ajarkan pula tentang ilmu fiqih, akhlaq, sejarah Islam, dan lain-lain. lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar anak Anda terbiasa dekat dengan Al-Qur’an.

Ajari Anak Adab Sopan Santun

Anak Anda perlu diajarkan adab mengenai sopan santun dan tata krama. Sebagai contoh, biasakan untuk selalu mengetuk pintu sebelum masuk ke kamar orang tua, makan dengan tangan kanan, berbicara dengan intonasi yang lembut kepada orang tua, dan lain-lain.

Pisahkan Kamar Tidur Anak Anda yang Berbeda Jenis Kelamin

Jika Anda memiliki dua anak yang berbeda jenis kelamin, ada baiknya jika Anda memisahkan kamar keduanya. Pendidikan seksual juga perlu Anda ajarkan sejak dini agar mereka dapat mencegah terjadinya penyimpangan seksual dan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan bagaimana tips parenting dengan ilmu islami untuk anak Anda? Jadilah orang tua yang cerdas dan bijak yang bisa mendidik anak menjadi seseorang yang religius dan juga berkualitas. Yuk, mulai terapkan tips-tips di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *