3 Tanda Oli Gardan Harus Diganti

by:

InformasiOtomotif

Irshady – Sudahkah Anda tahu tentang oli gardan? Oli yang bertugas melumasi mesin transmisi sebuah kendaraan ini kerap kali jarang diganti, padahal porsi perawatannya harus sama dengan oli jenis lain. Bahkan, akibat dari tidak sering digantinya oli ini juga bisa fatal. Lalu, kapan sih waktu yang tepat dan seperti apa tanda oli gardan harus diganti? Mari, langsung saja simak uraiannya dibawah ini!

tanda oli gardan harus diganti

Pentingnya Oli Gardan untuk Kendaraan

Kehadiran oli ini sangatlah penting untuk kendaraan kita. Tidak hanya bertugas menjaga keawetan mesin, oli ini juga bertugas menjaga kesehatan mesin itu sendiri. Pastinya, Anda yang memiliki kendaraan kesayangan akan sedih apabila harta bergerak Anda tersebut rusak dan menyebabkan Anda tidak hanya mengalami kerugian finansial, namun juga rugi waktu dan tenaga.

Jarangnya oli gardan diganti mungkin disebabkan oleh minimnya informasi masyarakat awam tentang pentingnya oli satu ini. Padahal jelas jika tidak diganti, motor Anda tidak hanya akan macet, namun juga bisa rusak parah dengan harga perbaikan yang selangit.

Jadi bisa dibilang, oli ini adalah elemen utama pada perawatan kendaraan Anda, baik itu mobil atau motor. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggantinya secara berkala agar mesin kendaraan tetap terjaga. Tidak perlu membeli oli yang mahal. Cukup beli saja oli yang biasanya Anda kenakan namun usahakan menggantinya setiap berapa bulan sekali. Itu yang penting dan semoga Anda selalu mengingatnya, ya?

Tanda-Tanda Oli Gardan Harus Diganti

Normalnya, mengganti oli gardan bisa dalam hitungan bulan. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh merk dan jenis kendaraan. Pasalnya, ada kendaraan tertentu yang oli gardannya harus diganti tiap 4 bulan sekali. Lalu ada juga kendaraan tertentu yang olinya wajib diganti 8 bulan sekali. Bahkan, juga ada kendaraan yang hanya perlu mengganti oli setiap 8000 km sekali. Jadi, semua tergantung pemakaian dan juga kendaraannya sendiri.

Nah, berbicara mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli, Anda bisa menggantinya sesuai instruksi di atas. Atau jika Anda merasa ada beberapa hal yang tidak beres pada kendaraan Anda seperti apa yang diuraikan pada poin-poin dibawah ini, maka itu sudah menjadi tanda oli gardan harus diganti. Tanda-tandanya yakni :

1. Ada Suara Mendengung pada Mesin

Oli gardan yang tidak segera diganti bisa menyebabkan kerusakan, salah satunya adalah suara mendengung pada mesin kendaraan. Di mobil, suara mendengung akan keras terdengar dari bagian bawah kendaraan. Usut punya usut, hal ini terjadi lantaran adanya final gear mesin yang tidak terlumasi oli dengan baik. Jadi, semakin Anda memacu kendaraan, semakin keras pula suara dengungannya.

2. Kendaraan Mengalami Getaran

Mobil memang seringkali melewati jalan yang berguncang. Namun bukan guncangan atau getaran akibat jalan yang dimaksudkan. Getaran ini terjadi karena oli gardan sudah tidak layak dan tidak kunjung diganti.

Akibatnya, kala menuruni jalan perbukitan, topang gardan tidak bisa menahan beban mobil dengan baik dan oli tidak melumasinya dengan sempurna, sehingga terjadilah getaran dan suara kasar pada laju kendaraan.

3. Oli Gardan Sudah Terkontaminasi

Pada umumnya, oli gardan memiliki skor mencapai SAE 70 pada mobil dan SAE 90 hingga SAE 140 pada motor matic. Namun seiring masa penggunaannya, oli ini akan semakin encer dan bahkan bisa sampai terkontaminasi. Jika sudah begitu, Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Demikian uraian tentang 3 tanda oli gardan harus diganti. Semoga uraian ini memberi Anda tambahan wawasan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *