5 Cara Mendesain Kitchen Set Minimalis untuk Rumah Mungil

Irshady – Dapur adalah bagian penting di rumah, karena Anda bisa memasak dan menghidangkan makanan istimewa untuk keluarga tercinta. Memiliki kitchen set yang indah bisa mempercantik rumah …

by:

FamilyPropertiTips dan Trik

Irshady – Dapur adalah bagian penting di rumah, karena Anda bisa memasak dan menghidangkan makanan istimewa untuk keluarga tercinta. Memiliki kitchen set yang indah bisa mempercantik rumah Anda, namun bagaimana jika ukuran rumah termasuk mungil? Anda bisa mengatasinya dengan memasang kitchen set minimalis. Ini tips mendesainnya untuk rumah yang kecil.

1. Gunakan Warna Terang

Warna yang terang seperti putih dan krem membuat kesan ruangan lebih luas. Desain kitchen set berwarna terang membuat dapur Anda terlihat bersih, modern, dan juga lapang. Anda merasa bosan dengan warna terang yang monoton? Pasanglah wallpaper dengan warna kontras atau pilih  backsplash dengan keramik berwarna-warni.

2. Menata Letak Penyimpanan Alat Dapur

Anda tentu menggunakan sendok, garpu, dan pisau setiap hari. Kumpulkan peralatan masak dan makan itu jadi satu di dalam laci khusus. Jika Anda sering menggunakan parutan dan blender, tempatkan pada laci lain. Laci-laci ini diletakkan di dekat kompor, sehingga memudahkan proses memasak Anda. Saat akan memasak, ambil wajan dan panci yang digantung di tembok dapur.

Jika Anda jarang menggunakan mixer dan oven, masukkan dalam kabinet yang letaknya agak jauh dari kompor, jadi area masak Anda tidak akan dipenuhi barang-barang. Peralatan masak yang jarang dipakai akan dikumpulkan lalu disimpan jadi satu. Penataan yang terpisah ini akan mempermudah Anda saat akan memasak, karena peralatan dapur tidak tercampur satu sama lain.

3. Maksimalkan Tembok Dapur pada Kitchen Set Minimalis

Jika dapur Anda hanya berukuran 2×3 meter namun peralatan masak Anda banyak sekali, maksimalkan saja penggunaan temboknya. Tembok dapur yang telah dilapisi wallpaper bisa diberi gantungan, sehingga panci, parutan keju, dan wajan mungil bisa diletakkan di sana. Anda juga bisa menyimpan spatula dan serok untuk meniriskan minyak pada gorengan, di sana.

Anda masih butuh ruang ekstra untuk menyimpan barang? Pasanglah ambalan pada tembok, sehingga Anda bisa menyimpan barang yang sering Anda gunakan. Barang-barang itu misalnya stoples untuk menyimpan kopi, teh, gula, dan garam. Anda juga bisa meletakkan teko pada ambalan, sehingga mudah untuk memakainya setiap sore saat akan minum teh.

4. Ukuran Perabotan Dapur

Dapur minimalis membuat Anda tak bisa memiliki perabotan besar. Jika Anda memiliki dapur sekaligus ruang makan, maka pilihlah meja yang ukurannya pas. Jangan memaksa untuk membeli meja jati ukuran besar, karena Anda bisa kesulitan melangkah di dapur karena sempitnya lahan. Pilihlah meja berbentuk persegi atau bundar berukuran 50 cm.

Anda ingin punya kabinet yang kecil tapi bagus? Buatlah kabinet yang tersusun ke atas, bukan ke samping. Penyusunan itu bisa menghemat lahan, sehingga Anda bisa meletakkan dispenser air di sebelahnya. Pilihlah kulkas satu pintu, karena kulkas dua pintu akan mempersempit dapur minimalis pada rumah mungil Anda.

5. Letakkan di Bawah Tangga

Jika rumah Anda mungil namun memiliki 2 lantai, letakkan dapur di bawah tangga. Tempat kosong itu bisa Anda gunakan untuk memasak, sehingga tidak ada ruang kosong yang sia-sia di rumah Anda. Anda bisa mempercantik dapur dengan memasang wallpaper atau wallsticker dengan warna favorit Anda.

Memiliki rumah mungil bukan berarti Anda tidak bisa menata kitchen set dengan cantik. Kitchen set minimalis bisa jadi pilihan, karena desainnya simple namun tetap cantik. Pilihlah kitchen set berbahan kayu oak dan multipleks agar lebih awet. Anda bisa meletakkan alat dapur di gantungan, untuk menghemat ruang penyimpanan. Dapur akan tampil cantik dan terasa luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *