5 Jenis Makanan untuk Anak Diare Agar Cepat Sembuh

by:

InformasiKesehatanKuliner

Irshady – Salah satu cara penanganan anak yang mengalami diare adalah memberikannya makanan yang tepat. Pilih makanan yang dapat membuat pencernaannya menjadi lebih lancar sehingga bisa mengurangi intensitas ke kamar mandi dan buang air besar. Makanan yang diberikan akan sangat berpengaruh, karena apabila memberikan makanan yang salah seperti gorengan justru akan membuat diare menjadi lebih parah. Sehingga pastikan untuk memberikan makanan untuk anak diare yang tepat seperti beberapa jenis makanan berikut ini:

makanan untuk anak diare

1. Makanan berkuah

Jenis makanan pertama yang dapat diberikan adalah makanan yang berkuah. Jenis ini akan sangat baik diberikan karena ketika mengalami diare juga akan kehilangan banyak cairan. Sehingga makanan berkuah akan membantu untuk menghindari dehidrasi dan mengganti cairan tubuh yang hilang. Dehidrasi sendiri dapat menimbulkan hal yang lebih parah apabila tidak ditangani atau dicegah. Sehingga pastikan untuk tetap mengkonsumsi air yang cukup ataupun menggunakan makanan berkuah untuk dapat menghindari dehidrasi. Beberapa jenis makanan berkuah yang dapat dikonsumsi adalah sup, buah kaya air, minuman isotonic, dan juga oralit.

2. Nasi putih dan bubur

Jenis makanan untuk anak diare selanjutnya adalah nasi putih dan bubur. Ketika sedang mengalami diare akan lebih baik untuk menghindari makanan yang tinggi serat. Hal tersebut berpengaruh karena dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat maka akan memperlancar sistem pencernaan. Sehingga hindari makanan tinggi serat yang akan membuat kerja usus menjadi lebih buruk ketika mengalami diare. Alternatif yang dapat digunakan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan rendah serat. Anda bisa memberikan makanan untuk anak yaitu nasi putih ataupun bubur ketika mengalami diare. Sehingga makanan tersebut akan lebih mudah dicerna dan membuat usus tidak perlu untuk bekerja keras mengolah makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut akan mempunyai manfaat untuk membuat diare menjadi lebih cepat sembuh dan membaik.

3. Makanan hambar

Selain nasi dan bubur, Anda juga bisa memberikan makanan hambar seperti roti tawar pada anak. Makanan dengan rasa hambar sangat direkomendasikan karena tidak akan membuat rasa mual. Selain itu makanan tawar juga baik karena mempunyai tekstur yang halus dan akan lebih mudah dicerna dan tidak akan menambah peradangan yang dialami karena diare. Ketika mengkonsumsi roti tawar juga jangan menambahkan rasa yang kuat. Cukup berikan mentega tawar tipis dan dipanggang untuk memberikan rasa lebih enak.

4. Makanan tinggi probiotik

Jenis makanan selanjutnya yang baik untuk diberikan ketika anak mengalami diare adalah makanan tinggi probiotik. Makanan dengan probiotik dapat mengatasi gejala diare dan membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Hal tersebut karena bakteri baik akan dapat menggantikan bakteri yang ada di usus sehingga membuat fungsi usus kembali menjadi normal. Jenis makanan tinggi probiotik yang dapat dipilih adalah yogurt dan tempe.

5. Sayur dan buah

Makanan yang baik untuk diberikan anak ketika diare adalah sayur dan buah. Berikan buah yang tepat yaitu pisang dan buah apel yang mempunyai kandungan serat larut air. Pisang juga mempunyai kandungan kalium yang dapat menggantikan cairan elektrolit tubuh sehingga bisa menghindari dehidrasi. Sedangkan untuk sayuran yang dapat dipilih adalah wortel, kacang hijau, dan buah bit yang baik dikonsumsi selama diare. Untuk menyembuhkan diare lebih cepat, orang tua juga bisa memberikan obat herbal yang aman untuk dikonsumsi anak.

Sumber: https://diarepedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *