6 Tips Agar Rambut Tidak Mengembang Tanpa Perlu ke Salon

by:

KecantikanTips dan Trik

Irshady – Setiap wanita menginginkan rambut yang mudah diatur dan tidak kusut namun masalah rambut mengembang sering datang mengurangi rasa percaya diri seseorang apalagi ketika dituntut untuk tampil sempurna dalam acara penting. Untuk mengatasi rambut mengembang, terdapat tips agar rambut tidak mengembang yang bisa dilakukan.

Tips Agar Rambut Tidak Mengembang dan Mudah Diatur

tips agar rambut tidak mengembang

1. Blow dry rambut dengan benar

Menata rambut dengan teknik blow dry sudah umum dilakukan selain menggunakan catokan. Blow dry biasanya dilakukan setelah keramas agar rambut lebih mudah ditata dan dibentuk menggunakan hair dryer. Namun terkadang teknik blow dry yang dilakukan salah sehingga membuat rambut menjadi lebih mengembang.

Sebaiknya menggunakan sisir berbentuk pipih atau sisir sikat besar yang berbentuk bundar. Pastikan untuk memegang hair dryer dengan arah mulut ke bawah sehingga angin keluar dari atas ke bawah mengenai setiap helai rambut. Hal ini akan mencegah rambut mengembang dan dapat menghaluskan kutikula rambut dan rambut menjadi tidak kusut. 

2. Gunakan masker rambut secara rutin

Masker rambut secara rutin setidaknya seminggu sekali dapat mengatasi rambut mengembang. Gunakan masker rambut sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki dan aplikasikan pada rambut setelah keramas. Diamkan selama beberapa menit sesuai ketentuan yang tertera pada masing-masing masker kemudian bilas hingga bersih.

Selain menggunakan masker, anda juga bisa menggunakan hair oil atau minyak rambut setelah keramas saat kondisi rambut masih setengah basah. Minyak rambut juga bisa digunakan dalam keadaan rambut kering ketika dibutuhkan.

3. Gunakan teknik plopping dan twisting

Teknik plopping merupakan teknik membungkus rambut yang masih basah menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut yang sering digunakan oleh pemilih rambut keriting. Teknik ini dapat mencegah rambut keriting menjadi kusut dan mengembang.

Sedangkan teknik twisting digunakan oleh pemilik rambut lurus yaitu dengan cara mengaplikasikan serum rambut setelah blow dry kemudian bagi rambut menjadi dua bagian. Lilit rambut hingga dapat disatukan di bawah dagu kemudian diamkan 10-20 menit sebelum melepas lilitan rambut. Hal ini akan membuat rambut tidak mengembang.

4. Memilih potongan rambut yang tepat

Rambut mengembang biasanya lebih sering dialami oleh pemilik rambut tebal. Namun kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik rambut tebal adalah memotong rambutnya dengan model layer agar terlihat lebih tipis dan ringan padahal hal ini adalah cara yang salah. Potongan rambut layer malah akan menambah volume pada rambut membuatnya terlihat lebih mengembang. 

Apalagi jika rambut pendek tebal, hindari memotong rambut layer jika tidak ingin rambut terlihat mengembang. Model layer lebih cocok digunakan untuk pemilik rambut tipis agar memberikan efek volume agar terlihat lebih tebal.

5. Gunakan shampoo yang tepat

Salah satu penyebab rambut mengembang bisa jadi karena rambut kering dan kasar. Maka sebaiknya anda menggunakan shampo yang bertujuan untuk melembabkan dan melembutkan rambut untuk mengurangi rambut mengembang. Gunakan TRESemme Keratin Smooth Shampoo yang mengandung keratin dan argan oil membuat rambut menjadi lebih mudah diatur, lembut, tidak kering, tidak kusut, tampak lebih lurus dan berkilau. 

6. Gunakan kondisioner setelah keramas

Beberapa orang menganggap bahwa penggunaan shampoo saja sudah cukup. Namun tips agar rambut tidak mengembang adalah dengan menggunakan kondisioner agar rambut lebih mudah diatur dan tidak mengembang. Rambut akan lebih halus dan terjaga kelembapannya. Gunakan TRESemme Keratin Smooth Conditioner yang dapat menutrisi setiap helai rambut agar rambut tidak mengembang, tidak kering, halus, serta mudah diatur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *