Apa Itu Air Radiator?

by:

InformasiLifestyleOtomotif

Irshady – Sering kali pengendara mengalami mesin cepat panas. Tak jaran pula kita lihat pengendara mobil memasukkan air putih ke mesin mobil lewat saluran khusus. Di sinilah peran air radiator. Apa itu air radiator? Sebenarnya, kalian hanya perlu mengisi ulang saluran itu dengan air putih supaya mesin Kembali ejuk atau tidak panas. Tapi, air radiator juga ada yang dibuat khusus dengan warna hijau muda dan merah muda, yang memudahkan pengendara mengecek apakaha ada kebocoran atau tidak. Air radiator berperan mendinginkan mesin kalau suhu terlalu panas.

apa itu air radiator?

Fungsi Air Radiator untuk Mesin

Air radiator berfungsi mendinginkan mesin. Kadang, pengendara hanya menggunakan air putih biasa. Bedanya, cairan air radiator bisa menjaga sistem pendingin & menjadikan mesin tak terlalu panas atau mengalami beku ketikaberkendara dalam iklim yang ekstrim. Di Indonesia yang beriklim tropis, peran air radiator sangat diperlukan, apalagi saat matahari begitu terik.

Cairan air radiator coolant perlu diganti secara berkala karena mengandung bahan kimia yang mungkin saja membuat sistem kerjanya tidak efektif, mengakibatkan karat, dll. Kalau sistem pendingin mesin rusak, mesin akan sangat panas dan biaya perbaikannya tentunya akan sangat mahal. Jika tak ini itu terjadi, rajin-rajinlah mengganti air radiator coolant.

Macam-macam Air Radiator Coolant

Ada beberapa jenis air radiator coolant:

1. Inorganic Additive Tech (IAT)

Jenis ini cocok untuk kendaraan-kendaraan tua. Sebaiknya air radiator coolant diganti secara berkala tiap 2 tahun atau jarak tempuh 24.000 mil.

2. Organic Acid Tech (OAT)

Jenis ini baisanya dipakai pabrikan General Motor. Radiator coolant ini sebaiknya diganti berkala setelah 5 tahun atau jarak tempuh 50.000 mil.

3. Hybrid Organic Acid Tech (HOAT)

Jenis ini adalah turuna  dari OAT. Interval penggantiannya sama dengan OAT.

Setelah tahu apa itu air radiator dan fungsinya, sebaiknya kalian mengecekkan kendaraan kalian ke bengkel secara berkala agar tidak telat mengganti air radiator coolant. Air radiator coolant atau produk perawatan kendaraan lainnya tersedia di autochem.id. dengan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.