Asuransi All Risk, Asuransi Kendaraan untuk Semua Kerusakan

by:

AsuransiInformasiOtomotif

Irshady – Kecelakaan bisa saja terjadi pada siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Banyak kerugian yang akan didapatkan apabila terjadi kecelakaan, seperti biaya medis, biaya perbaikan motor, belum lagi bertanggung jawab jika kita yang salah dan lain sebagainya. Di sinilah, asuransi kendaraan akan membantu Anda.

asuransi kendaraan

Pengertian Asuransi All Risk

Seperti namanya, asuransi ini memberikan jaminan pada seluruh risiko kendaraan, seperti rusak ringan, rusak berat dan kehilangan. Cakupan jaminan yang terbilang luas membuat premi asuransi ini cenderung mahal. Terlebih jika Anda memasukkan risiko banjir, hura-hura atau kerusakan oleh pihak lain.

Untuk satu tahunnya, premi asuransi mobil all risk antara 2,5% sampai 3,5% dari harga mobil Anda. Sebagai contoh, mobil Anda memiliki harga Rp 200 juta sehingga premi yang harus dibayarkan sekitar Rp 5 juta sampai Rp 7 juta tiap tahunnya. Oleh karena itu, harga mobil akan berpengaruh pada besaran premi yang harus dibayarkan.

Apakah Asuransi All Risk Lebih Baik dari Asuransi TLO?

Kita mengenal dua jenis asuransi kendaraan, yaitu asuransi TLO dan asuransi All Risk. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dengan kebutuhan Anda dalam jaminan yang diberikan asuransi. Mungkin kita sudah tahu jika premi asuransi ini lebih mahal dibanding TLO.

Meski demikian, asuransi All Risk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh dan komprehensif. Itulah mengapa asuransi ini juga disebut sebagai asuransi komprehensif. Anda dapat melakukan klaim jika terjadi kecelakaan kecil sekalipun karena seluruh risiko akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Untuk menentukan, apakah asuransi All Risk lebih baik daripada asuransi TLO, kita juga harus melihatnya dari segi kebutuhan dan kondisi keuangan untuk membayar premi. Asuransi paling sesuai lah yang akan menjadi pilihan terbaik.

Keuntungan Asuransi All Risk

Sebelum memilih jenis asuransi, pastinya Anda harus mempertimbangkan keutungan yang diperoleh dari asuransi tersebut. Begitu juga sebelum memilih asuransi All Risk. Terdapat beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dari asuransi ini.

Keuntungan pertama adalah mendapatkan perlindungan secara menyeluruh dan lebih luas. Jaminan diberikan pada kerusakan paling ringan hingga paling berat. Bahkan, risiko kehilangan juga akan ditanggung oleh asuransi ini. Keuntungan berikutnya adalah mendapatkan perlindungan mobil dari kerusuhan yang berujung kerusakan.

Selain itu, asuransi ini juga memberikan jaminan dari bencana alam, seperti banjir, pohon tumbang, longsor dan lainnya. Ancaman bencana alam bisa terjadi dimana saja sehingga Anda bisa melindungi aset berupa mobil Anda dengan beli asuransi mobil.

Lengkapi Surat Berkendara agar Klaim Diterima

Salah satu kartu atau surat yang harus dibawa ketika berkendara adalah SIM (Surat Izin Mengemudi). Untuk bisa mendapatkannya, maka kita harus lolos tes mengemudi terlebih dulu karena SIM merupakan syarat dasar yang harus dimiliki oleh pengemudi. Bukan saja memiliki, Anda juga harus membawa SIM ketika berkendara.

Meskipun mobil Anda sudah memiliki asuransi All Risk sekalipun, tapi jika pengendaranya adalah remaja berusia 17 tahun atau mereka yang belum memiliki SIM, maka klaim pasti akan ditolak dan Anda tidak bisa mendapatkan hak yang seharusnya. Selain itu, masa berlaku SIM juga penting untuk diperhatikan.

Sebelum berkendara, pastikan jika SIM telah dibawa dan masih berlaku. Percuma jika SIM sudah habis masa berlakunya karena pengajuan klaim asuransi All Risk Anda bisa ditolak begitu saja.

Sebelum beli asuransi mobil, Anda harus memastikan bahwa perusahaan asuransi memang terpercaya dan mampu memberikan kenyamanan bagi Anda. Untuk itu, percayakan saja asuransi mobil Anda pada msigonline.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *