Berikut beberapa rumah adat yang paling terkenal di Indonesia, Simak!

by:

InformasiLifestyle

Irshady – Untuk dapat mencintai negara kita harus mengetahui sejarah dan kelebihan yang dimiliki oleh negara tersebut, dengan mengetahui hal itu maka kita merasa kenal dan sayang dengan negara kita sendiri. Indonesia merupakan negara yang diberkahi dengan kekayaan seperti budaya, agama, suku, dan masih banyak lagi. Sudah sepatutnya kita mengenal negara Indonesia sebab, tak kenal maka tak sayang. Beberapa diantara kekayaan tersebut salah satunya adalah rumah adat di Indonesia yang masih terjaga dan telestarikan dengan baik hingga saat ini. maka dari kami akan memberikan informasi seputar beberapa rumah adat paling terkenal yang ada di Indonesia.

rumah adat di indonesia

1.Rumah Adat Joglo, Jawa Tengah

Rumah adat pertama yang akan kami bahas yaitu rumah adat Joglo yang berasal dari Jawa Tengah. Dimana rumah adat tersebut memiliki bahan utama kayu jati sehingga rumah ini memiliki struktur yang kuat dan tahan lama meskipun diterjang cuaca buruk. Arsitektur dari rumah adat ini juga cukup unik dimana bangunan ini memiliki bentuk persegi panjang dan memiliki atap rumah yang dibuat tinggi sehingga membentuk bangunan yang unik. Saat ini masyarakat Jawa masih menjunjung tinggi nilai adat seperti rumah adat ini misalnya.

2.Rumah Adat Gadang, Sumatera Barat

Diposisi selanjutnya sebagai rumah adat yang paling terkenal yaitu rumah adat yang berasal dari Sumatera Barat yaitu, Rumah Adat Gadang khas suku Minangkabau. Memiliki bentuk atap yang melengkung dengan ujung lancip, menjadikan bangunan ini termasuk salah satu bangunan yang unik. Bukan tanpa alasan mengapar umah ini disebut sebagai rumah Gadang melainkan karena, rumah ini memiliki ukuran yang besar. Selain itu rumah adat ini memiliki jumlah kamar yang jumlahnya tergantung dari berapa perempuan yang tinggal disana, wah menarik bukan?

3.Rumah Adat Kebaya, DKI Jakarta

Rumah adat selanjutnya datang dari kota metropolitan yaitu DKI Jakarta dengan rumah adat SUku Betawi yang sangat khas. Bagaimana tidak, bentuk dari rumah adat ini yaitu berbentuk layaknya kubus dan memiliki teras luar yang berfungsi sebagai tempat menyambut dan menjamu tamu, bahkan untuk tempat berkumpul keluarga. Secara bentuk, bangunan ini memiliki arti yang cukup filosofis yaiti, memiliki Karakter khas suku Betawi, dimana suku Betawi dikenal sebagi suku yang lebi mengedepankan kekeluargaan, keterbukaan, keramahan, dan keharmonisan. Maka dari itu tak jarang orang yang kagum dengan prinsip yang dimiliki oleh Suku Betawi, kalian suku Betawi Wajib bangga bukan?

4.Rumah Adat Limas, Sumatera Selatan

Mungkin kamu sudah pernah melihat rumah ini di buku-buku sejarah ketika kamu bersekolah bukan? Ya, rumah Adat Limas yang berasal dari Sumatera Selatan ini juga tak kalah unik dengan rumah adat lainnya. Memiliki bentuk yang bertingkat-tingkat dan masing-masing dari tingkat tersebut memiliki maknda yang mendalam dari segi budaya. Setidaknya rumah adat ini memiliki lima ruangan yang menjadi simbol dari masing-masing fase hidup seperti usia, jenis, bakat, pangkat, dan martabat.

5.Rumah Adat Tongkonan, Sulawesi Selatan

Nah rumah adat terakhir yang akan kami bahas yaitu rumah adat Tangkonan yang berasak dari Sulawesi Selatan. Rumah adat ini memiliki bentuk atap yang melengkung layaknya sebuah perahu, selain itu ciri khas dari rumah adat ini yaitu struktur panggung yang memiliki tiang penyangga bulat yang berdiri sejajar, fungsinya adalah untuk menopang bangunan. Seperti halnya rumah adat lain yaitu memiliki makna dari setiap bentuknya, dimana terdapat susunan tanduk kerbau di depan rumah yang berfungsi sebagai hiasan serta untuk menunjukan strata sosial.

Nah itulah beberapa informasi yang dapta kami sampaikan seputar beberapa dumah adat di Indonesia yang paling terkenal. Bagaimana, menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *