Berikut Cara Mengatasi Benjolan di Payudara

by:

InformasiKesehatan

Irshady – Benjolan di payudara adalah jaringan lain yang tumbuh di dalam payudara. Tekstur benjolan tersebut tergantung pada jenis benjolan yang dialami. Meski sebagain besar benjolan payudara bersifat jinak atau non-kanker, namun juga bisa menjadi satu tanda kanker payudara. Berikut cara mengatasi benjolan di payudara yang patut Anda ketahui.

Pemeriksaan Penunjang

Sebagai langkah awal diagnosis, biasanya dokter akan bertanya mengenai gejala apa saja yang dialami, dan kapan benjolan tersebut muncul. Selain itu, akan dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang berikut ini untuk mengetahui apakah benjolan tersebut merupakan tanda kanker payudara atau tidak.

irshady-benjolan di payudara

1. Mammografi

Mammografi merupakan foto rontgen pada payudara. Pada pemeriksaan ini, payudara akan ditekan, supaya gambar jaringan payudara bisa terlihat jelas. Melalui pemeriksaan ini, sejumlah kelainan pada payudara bisa terlihat, contohnya seperti tumor, penumpukan kalsium, atau jaringan padat di payudara.

2. Ultrasonografi

Ultrasonografi atau USG adalah pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara yang bertujuan untuk menghasilkan gambar. Pemeriksaan ini sangat berguna untuk memeriksa benjolan di payudara, terutama dalam membedakan benjolan padat dan benjolan yang berisi cairan.

3. MRI

MRI ini menggunakan gelombang suara dan medan magnet untuk menampilkan gambar pada bagian tubuh. Pemeriksaan MRI biasanya digunakan untuk memeriksa secara lebih teliti benjolan yang dirasakan saat pemeriksaan fisik, tapi tidak terlihat pada USG atau mammografi.

4. Duktografi

Pemeriksaan ini adalah prosedur pengambilan gambar kelenjar payudara menggunakan mesin foto rontgen yang bertujuan untuk membantu dokter dalam mengetahui penyebab keluarnya cairan dari putting. Prosedur ini biasanya didahului dengan pemberian suntikan kontras ke putting.

5. Biopsi

Biopsi merupakan prosedur pengambilan sampel benjolan payudara atau seluruh benjolan. Selanjutnya, sampel tersebut diperiksa di laboratorium. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah benjolan tersebut bersifat jinak atau kanker.

Pengobatan Benjolan Payudara

Dalam beberapa kasus, benjolan di payudara tidak perlu ditangani karena tidak mengganggu dan tidak berbahaya. Berikut tindakan medis yang diambil jika benjolan tersebut makin besar atau menimbulkan nyeri hebat.

1. Lumpektomi

Prosedur ini dimulai dengan memberikan bius lokal pada pasien. Setelah bius bekerja, dokter akan membuat irisan di area sekitar tumor, lalu mengangkat tumor tersebut dan sedikit jaringan di sekitarnya.

2. Krioterapi

Terapi beku atau krioterapi bertujuan menghancurkan sel tidak normal dengan cara dibekukan. Dalam prosedur ini, jarum khusus akan dimasukkan langsung ke bagian tumor. Lalu, dokter akan menyuntikkan nitrogen cair untuk membekukan tumor.

3. Aspirasi Jarum Halus

Prosedur ini bertujuan untuk mengeluarkan cairand dari benjolan di payudara menggunakan jarum khusus. Bisanya, aspirasi jarum halus dilakukan dengan bantuan USG, agar penempatan jarum tepat pada benjolan.

Nah, itu dia ulasan mengenai cara mengatasi benjolan di payudara yang perlu Anda ketahui. Anda bisa berdiskusi terkait masalah kewanitaan di berbagai forum diskusi Orami. Selain itu, Anda juga dapat berbelanja berbagai kebutuhan ibu dan anak berkualitas dengan harga murah di orami.co.id. Yuk belanja di orami.co.id sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *