Cara Klaim Ulang Asuransi untuk Biaya Operasi TKR

by:

AsuransiInformasiKesehatan

Irshady – Anda mengalami cedera parah pasca kecelakaan? Jika sendi lutut sudah tidak bisa diselamatkan, dokter akan mengadakan operasi penggantian lutut (total knee replacement). Biaya operasi TKR mulai dari 20 hingga 80 juta, tergantung dari Rumah Sakitnya. Biaya yang besar ini bisa Anda klaim jika punya polis asuransi. Jika klaim ditolak, ini cara klaim ulang ke perusahaan asuransi.

total knee replacement

1. Memeriksa Dokumen

Salah satu penyebab gagalnya klaim asuransi adalah dokumen yang kurang lengkap. Apakah Anda hanya menyerahkan fotokopi KTP, bukan yang asli? Berikan KTP asli, kartu dan polis asuransi, kuitansi Rumah Sakit, dan surat keterangan dokter pada agen. Jangan sampai kurang, karena klaim bisa ditolak mentah-mentah.

Periksa juga tanggal berlaku KTP. Jika KTP sudah tidak berlaku, maka perbaharui KTP dengan segera, baru urus klaim ulang asuransi. Saat mengurus klaim, memang harus sabar, karena ada banyak sekali pemegang polis yang juga mengklaim biaya Rumah Sakit. Konsultasikan dengan agen saat akan mengklaim asuransi, sehingga proses klaim berhasil dalam waktu singkat.

2. Lokasi Rumah Sakit

Klaim bisa ditolak karena lokasi Rumah Sakit yang salah. Misalnya, Rumah Sakit tempat Anda melakukan operasi total knee replacement bukanlah rekanan dari pihak asuransi. Jadi, sebelum operasi dan rawat inap, pastikan Rumah Sakitnya berafiliasi dengan pihak asuransi. Jangan asal pilih Rumah Sakit, agar klaim asuransi berhasil.

Agen akan memperjuangkan klaim ulang Anda,selama operasi total knee replacement diadakan di Rumah Sakit di Indonesia. Jika Anda ketahuan melakukan operasi di luar negeri, maka klaim akan ditolak, karena aturannya klaim hanya cair saat Anda rawat inap atau operasi di Indonesia. Hanya biaya perawatan saat di Indonesia yang akan cair klaimnya.

3. Agen Menghilang

Setelah klaim Anda gagal, agen malah menghilang begitu saja. Apakah Anda bingung? Agen bisa pindah kerja atau meloncat ke perusahaan asuransi lain. Jangan marah, tapi carilah agen lain yang lebih profesional. Ada banyak agen yang memasang jasa klaim ulang asuransi di internet, hingga berhasil cair dan biaya operasi diganti 100%.

Praktek penggantian agen ini legal dan diperbolehkan oleh pihak asuransi. Perusahaan asuransi yang baik akan mencairkan klaim dan mengganti biaya operasi, walau klaim dilakukan oleh agen yang berbeda. Agen kedua lebih profesional dan kerjanya runtut, sehingga uang perawatan dan semua biaya selama di Rumah Sakit akan di re-imburse (diganti) oleh asuransi.

Biaya operasi TKR (total knee replacement alias penggantian lutut total) sangat besar, bisa hampir ratusan juta rupiah. Jika Anda punya polis asuransi, maka biaya bisa diklaim ke asuransi. Jika klaim gagal, maka periksa dan lengkapi dokumennya. Jika masih gagal, gantilah agen dengan pihak lain yang kerjanya lebih profesional,sehingga klaim berhasil 100%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *