Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

by:

KesehatanParentingTips dan Trik

Irshady – Biang keringat bisa muncul kapan saja pada bayi, biasanya saat bayi terserang biang keringat bayi akan merasa gelisah dan bias membuat bayi rewel karena rasa yang tidak nyaman.

Gejala biang keringat yang biasa muncul pada bayi adalah ruam dan kulit yang kemerahan. kulit bayi masih sensitif, Bunda tidak bisa sembarangan memberikan obat.

Biang keringat bisa muncul akibat cuaca yang lembap dan panas atau jika Si Kecil demam dan banyak berkeringat. Selain itu, bisa juga karena pori-pori kulit bayi tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. Bayi dan anak-anak sangat rentan terkena biang keringat karena pori-pori kulit mereka lebih kecil dibandingkan pori-pori orang dewasa. Selain itu, kelenjar dan saluran keluar keringat pada bayi dan anak-anak juga belum sepenuhnya berkembang.

Selain itu sirkulasi udara kurang baik dapat menyebabkan suhu di dalam ruangan menjadi panas atau gerah. Ditambah lagi bayi dibedong atau memakai terlalu banyak lapisan baju, nah kondisi ini bisa menyebabkan biang keringat.

Nah saat bayi atau anak terkena biang keringat, berikut ini kami berikan beberapa tips yang bias dilakukan untuk menghilangkan biang keringat pada bayi dan anak:

biang keringat

1. Pilih pakaian yang sesuai

Orang tua disarankan untuk memilihkan pakaian dari serat alami untuk anak. Hindari memakaikan pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon, karena kain jenis ini dapat memerangkap panas. Selain itu, pakaikanlah pakaian yang longgar kepada Si Kecil, atau sesekali biarkan Si Kecil tanpa pakaian dan popok selama beberapa waktu. Namun, tetap pastikan ia tidak kedinginan.

2. Pertahankan Kesejukan

Salah satips untuk menghilangkan biang keringat yang ada pada kulit bayi atau anak anda adalah dengan mengkompres kulit yang terkena biang keringat dengan kain basah yang sejuk. Atau, bisa juga dengan memandikannya, lalu membiarkan kulit bayi kering dengan sendirinya, tanpa menggunakan handuk.

3. Hindari Udara Panas

Salah satu cara untuk menghilangkan biang keringat pada bayi atau anak adalah dengan menjauhkannya dari udara yang panas atau lembab. Jika Bunda menggunakan AC atau kipas angin, disarankan untuk tidak mengarahkan angin langsung ke tubuh anak. Selain itu, apabila hendak keluar rumah, jangan lupa membawa kipas dan topi untuknya.

Selain itu biang keringat juga bisa diobati dengan beberapa bahan alami seperti:

1. Cendana

Campurkan bubuk cendana dengan air mawar, lalu oleskan campuran ini pada bagian tubuh yang mengalami biang keringat.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memberikan sensasi sejuk di kulit, campuran daging lidah buaya dengan air mawar dipercaya bisa mengobati biang keringat pada anak-anak maupun orang dewasa.

3. Lemon

Keluarga buah jeruk ini, dipercaya memiliki khasiat untuk mengontrol minyak berlebih akibat pengeluaran keringat. Bunda bisa memandikan si kecil dengan air dicampur perasan lemon untuk mengurangi gejala biang keringat.

Namun alangkah baiknya orang tua dapat mencegah sebelum anak mengalami biang keringat, pencegahan dapat dilakukan orang tua salah satunya dengan cara jangan memberi pakaian yang terlalu tebal pada bayi, terutama saat cuaca panas dan suhu tinggi. Biang keringat bisa dicegah jika kulit bayi bisa bernapas dengan baik. Caranya, ia harus memakai pakaian tipis berbahan katun yang menyerap keringat. Dengan begitu, memungkinkan udara untuk keluar masuk, dan tidak ada hambatan keringat keluar dari kulitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *