Cara Mengirim Barang Ke Luar Negeri Melalui Online

by:

BisnisTips dan Trik

Irshady – Sekarang ini seluruhnya dapat diatur melalui gadget atau  dengan cara online. Akan tetapi untuk keperluan pengiriman paket perlu diingat pengiriman online ini hanya dilakukan untuk mengisi kelengkapan formulir saja, akan tetapi  untuk paketnya Anda harus tetap membawanya ke cabang gerai pengiriman atau ke kantor jasa ekspor impor terdekat. Nah, dibawah ini terdapat langkah-langkah jasa pengiriman paket ke luar negeri melalui online.

cara mengirim barang

1. Pesan Online dan Memilih Negara Tujuan

Tahap pertama yang bisa Anda lakukan yakni memasukan tujuan pengiriman lengkap dengan alamatnya yang akan Anda tuju. Memasukan nama, alamat tujuan pasti harus lebih detail, hal ini terlihat di beberapa aplikasi layanan pengiriman online menaruh kolom kosong dengan tulisan “details” supaya Anda dapat menulis alamat dengan benar.

2. Memilih Paket Pengiriman

Untuk langkah berikutnya Anda perlu memasukan jenis paket yang akan dikirimkan serta menentukan berat paket, jumlah paket, jenis paket, lebar, tinggi hingga panjangnya. Dengan begitu umumnya jasa layanan pengiriman ke luar negeri memberi harga berdasarkan berat dan jenis paket yang ingin Anda masukan. Baik itu paket tersebut kecil ataupun besar  nanti akan dikonversikan tarif dengan paket yang ingin Anda kirim ke sebuah negara yang telah dituliskan.

3. Informasi Pengiriman

Sesudah memasukan secara lengkap terkait alamat pengiriman, pada langkah selanjutnya akan merangkum secara detail yang Anda masukan dengan istilah “informasi pengiriman”. Anda juga akan melihat regulasi pengiriman seperti apa saja larangan pengiriman dari negara lain, hal tersebut juga termasuk syarat bea cukai dan pajak dari sebuah negara yang Anda tuju. Untuk bagian tersebut anda diharapkan untuk membaca dengan teliti seputar pengiriman serta syarat dan ketentuan dari negara yang dituju supaya tidak mengalami kendala dan hambatan yang berarti.

4. Pembayaran

Apabila Anda sudah menyetujui syarat dan ketentuan yang ada, Anda akan diminta melakukan pengiriman paket ke kantor jasa pengiriman atau Anda sendiri yang membawa paket tersebut ke gerada jasa pengiriman. Jika sudah melakukan penimbangan dan pengecekan ulang kemudian Anda harus melakukan berdasarkan metode pembayaran yang ditawarkan. Umumnya jasa pengiriman paket ke luar negeri hanya memberi waktu paling lama 5 jam untuk Anda melunasi ongkos pengiriman.

5. Mengecek Status Pengiriman Paket

Sesudah paket dipercayakan kepada perusahaan jasa pengiriman, umumnya Anda akan memegang cek resi melalui website atau aplikasi cek resi untuk bisa melakukan tracking dan memantau status paket pengiriman. Dengan begitu pengiriman barang Anda bisa dengan mudah dipantau hanya melalui gadget, seperti contoh kirim paket ke Jepang atau ke negara asing lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *