Harga Beras 10 KG dan Jenis Beras Yang Umum Di Indonesia

by:

BisnisInformasi

Irshady – Beras merupakan makanan pokok orang indonesia. tidak heran ada berbagai jenis beras  yang dipasarkan di indonesia. tidak hanya beras putih saja, ada beras merah, beras hitam, beras ketan dan lainnya. untuk beras putih saja dibagi menjadi berbagai varian. Setiap variannya memiliki keunggulan dan rasa  yang berbeda-beda. Ada yang pulen, pera, wangi dan lainya. Harga beras 10 kg pun tergantung jenisnya. Semakin berkualitas suatu beras, semakin mahal harganya. Berikut ini beberapa jenis beras di indonesia.

Harga beras 10 kg

Beras Pandan Wangi

Pasti anda tidak asing dengan beras  yang satu ini. dari namanya saja anda pasti akan berpikir dengan aroma yang wangi. Beras pandan wangi memang beras yang memiliki aroma wangi saat di masak. Bahkan aroma hampir mirip dengan aroma pandan. Tekstur nasinya juga pulen dan enak di makan. Bentuk berasnya bulat utuh dan memiliki warna putih kekuningan. Harga beras ini sekitar 80 ribuan per 5 kg.

Beras Rojolele

Beras rojolele juga cukup popular di pasaran. Banyak orang yang menyukai beras yang satu ini. beras rojolele memiliki bentuk bulat memanjang. Ukurannya lebih panjang dibandingkan beras pandan wangi.  Tapi aromanya memang tidak sewangi pandan wangi. Aromanya seperti beras pada umumnya. Jika di masak akan menghasilkan nasi yang pulen, manis dan enak. sangat cocok di makan panas-panas dengan sambal. Harga beras rojolele cukup terjangkau, sekitar 50 ribuan per 5 kg.

Beras Setra Ramos

Beras jenis setra ramos dikenal juga dengan beras IR64. Beras ini sangat diminati oleh masyarakat indonesia. karena memiliki harga terjangkau dan mudah didapatkan. Banyak petani di indonesia yang menanam beras jenis ini. harganya mulai dari 10.000 per kilogramnya.  Namun beras ini harus di masak dengan benar. Sehingga bisa menghasilkan nasi yang pulen dan enak. jangan menyimpan beras ini terlalu lama karena baunya bisa basi. Bentuk beras setra ramos panjang dan tidak mengeluarkan bau. Harga beras 10 kgnya sekitar 100 ribuan.

Beras IR42

Selain beras Ir64, ada juga beras IR 42. Beras ini jika dimasak akan menjadi beras pera. Bentuknya pun tidak bulat utuh dan memiliki ukuran kecil. Setelah dimasak akan menjadi nasi yang kering dan keras. Jenis beras IR42 cocok untuk membuat nasi goreng, ketupat, lontong atau nasi uduk. Sayangnya beras ini memiliki harga yang cukup maghal. Karena jumlahnya di pasaran sangat sedikit. Tidak banyak petani di indonesia yang menanam beras ini.

Beras Jepang

Beras jepang ini dikenal dengan beras menthik susu. Beras ini dibudidayakan oleh petani magelang. Beras ini memiliki wara putih seperti susu. Bentuknya lonjong dan gemuk. Sehingga mirip dengan beras jepang di restoran jepang. Kandungan karbohidrat, glukosa dan protein di jenis ini mudah terurai. Sehingga bagus di konsumsi bagi penderita diabetes, jantung, kanker, darah tinggi dan asam urat. Harga beras ini mulai dari 20ribuan per kg.

Selain jenis beras-beras diatas, masih banyak jenis beras di indonesia. seperti beras c4, menthik wangi, beras solok dan masih banyak lainnya. hampir setiap daerah di indonesia memiliki beras khas masing-masing. bahkan sekarang banyak petani yang membuat varietas baru, sehingga menghasilkan beras yang lebih bekualitas. Saat ini membeli beras lebih murah dan mudah. Anda bisa beli di blibli.com. harga beras 10 kg di blibli.com cukup  terjangkau dan terjamin kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *