Ingin Mendaki Gunung Rinjani? Siapkan Dulu Jaket Khusus untuk Naik Gunung

Irshady – Selain diperlukan kekuatan fisik yang prima, mendaki gunung juga memerlukan serangkaian peralatan dan perlengkapan yang tidak boleh terlupakan. Peralatan dan perlengkapan ini tentunya untuk …

by:

InformasiTraveling

Irshady – Selain diperlukan kekuatan fisik yang prima, mendaki gunung juga memerlukan serangkaian peralatan dan perlengkapan yang tidak boleh terlupakan. Peralatan dan perlengkapan ini tentunya untuk membantu para pendaki bertahan selama beraa di alam bebas. Salah satu hal yang penting dan tidak boleh dilupakan oleh para pendaki adalah jaket yang dikenakan selama melakukan pendakian.

(sumber : theconversation.com)

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia sekaligus salah satu tempat wisata di Lombok yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Dengan ketinggian 3. 726 m dpl, gunung ini menjadi salah satu titik pendakian favorit para pencinta alam. Nah, sebelum kalian mendaki Rinjani, sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis jaket yang bisa dipilih dan dikenakan pada saat pendakian.

Jaket Anti Air

Cuaca di gunung kadang memang bisa sangat ekstrim. Pada saat musim hujan, derasnya hujan yang turun bisa bertahan higga seharian. Untuk menghindari tubuh agar tidak basah kuyup ketika hujan, pilihlah jaket dengan bahan anti air atau waterproof yang memang didesain untuk melinndungi tubuh pada saat musim hujan.

Jaket ini memiliki teknologi lapisan penahan air di bagian luarnya. Jaket ini juga memiliki sistem perisai yang bertujuan untuk melindungi sisi jahitan agar air tidak dapat tembus ke dalam jaket. Beberapa jaket anti air memiliki bahan yang sudah disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, pilihlah jaket anti air yang memang dikhususkan untuk melakukan kegiatan di alam bebas.

Jaket Anti Angin

Pada saat musim kemarau, jaket anti angin ini bisa digunakan. Fungsinya tentu saja melindungi tubuh dari tiupan angin gunung yang dingin atau panas. Masih banyak orang yang belum bisa membedakan mana jaket anti air dan mana jaket anti angin. Padahal, setiap jaket anti air juga bersifat anti angin, tetapi sebaliknya jaket anti angin ternyata tidak bersifat anti air.

Untuk membedakannya cukup gampang, periksa bagian perisai jahitan yang ada di sambungan bahan atau tepi resleting. Jika tidak ada, maka jaket tersebut merupakan jaket anti angin atau windproof. Bisa juga dengan meniup jaket dari bagian luar. Jika udara tidak tembus ke dalam jaket, bisa dipastikan jaket tersebut bersifat anti angin.

Jaket Penghangat

Jaket penghangat juga bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk dipakai mendaki pada saat musim kemarau. Pada musim ini, udara di gunung justru menjadi dingin. Jaket jenis ini akan menjaga sushu tubuh agar tetap hangat untuk mencegah badan terkena udara dingin gunung yang menggigit. Jaket penghangat biasanya menggunakan bahan, seperti wol, fleece, atau polar.

Setelah turun gunung, jangan buru-buru pergi meninggalkan Lombok. Kunjungi beragam destinasi wisata menarik lainnya yang ada di pulau tersebut sambil melepas penat setelah lelah mendaki gunung. Carilah hotel di Lombok yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Ada banyak pilihan hotel dan penginapan terjangkau di Lombok, seperti Airy Rooms, jaringan hotel terbesar dan ternama di Indonesia. Kamar-kamar hotelnya memiliki jaminan fasilitas yang tidak perlu diragukan lagi. Setiap kamarnya sudah dilengkapi dengan peralatan mandi yang lengkap dan pancuran air hangat di setiap kamar mandinya, tempat tidur yang bersih dan rapi serta pendingin ruangan yang bisa diatur sendiri, air minum, TV layar datar dengan puluhan saluran pilihan, dan yang pasti akses WiFi gratis selama 24 jam.

Agar tidak merepotkan, lebih baik pesan hotel terlebih dahulu melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store atau bisa juga langsung melalui website. Pembayarannya dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau transfer antar bank.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *