Ini Dia Orang-Orang yang Berhak Menerima Qurban

Irshady – Siapa saja orang-orang yang berhak untuk menerima qurban? Qurban dilakukan salah satunya sebagai bentuk untuk bersedekah atau berbagi dengan sesama. Dengan melakukan qurban maka …

by:

BisnisHewan QurbanInformasi

Irshady – Siapa saja orang-orang yang berhak untuk menerima qurban? Qurban dilakukan salah satunya sebagai bentuk untuk bersedekah atau berbagi dengan sesama. Dengan melakukan qurban maka kita bisa membantu sesama dan berbagi kebahagiaan terhadap sesama umat muslim yang membutuhkan.

Setelah disembelih maka hewan qurban akan dipotong-potong dan dibagi-bagi kepada banyak orang. Seperti layaknya zakat, ada golongan orang-orang tertentu yang memiliki hak untuk menerima daging hewan qurban. Agar bisa dibagikan kepada orang-orang yang tepat, maka anda harus tahu kepada siapa saja daging hewan qurban memang boleh diberikan.

Sama seperti zakat namun ada juga perbedaannya. Daging qurban harus dibagikan tepat sasaran dengan jumlah yang pas agar tidak menyimpang dari makna qurban itu sendiri. Kali ini kita akan membahas golongan orang apa saja yang layak untuk memperoleh daging hasil qurban.

Golongan Orang yang Layak Menerima Qurban

Berikut adalah golongan orang-orang yang memiliki hak untuk menerima daging hewan qurban :

1. Orang yang Berkurban

Orang yang melakukan qurban memiliki hak untuk menerima qurban. Berbeda halnya dengan zakat dimana orang yang berzakat tidak menerima beras yang dizakatkan. Daging hewan qurban bisa diberikan kepada mereka yang berkurban untuk dinikmati sendiri atau bersama keluarga.

2. Fakir Miskin

Fakir miskin berhak menerima daging qurban agar mereka juga bisa merasakan nikmatnya Idul Adha dengan makan daging qurban. Daging qurban diberikan kepada fakir miskin dengan tujuan bisa mencukup kebutuhan mereka pada hari itu juga. Inilah salah satu makna dari berkurban yaitu berbagi dan menjalin kasih dengan sesama umat muslim yang membutuhkan.

3. Kerabat

Daging kurban bisa dibagikan kepada kerabat dengan tujuan untuk menyambung silaturahmi. Disebutkan bahwa salah satu makna dari berkurban adalah mempererat tali silaturahmi. Oleh karena itu anda bisa membagikan daging qurban kepada kerabat dengan tujuan agar hubungan baik tetap terjaga.

4. Tetangga dan Teman-Teman

Salah satu tujuan berkurban adalah mempererat tali persaudaraan. Oleh karena itu anda bisa membagikan daging qurban kepada tetangga di sekitar atau kepada teman-teman. Dengan begitu maka akan semakin banyak orang yang bisa menikmati indahnya berkurban.

5. Tukang Sembelih

Daging kurban bisa diberikan kepada orang yang bertugas untuk menyembelih hewan qurban. Namun perlu diperhatikan bahwa daging qurban ini diberikan bukan sebagai upah melainkan murni sebagai sebuah pemberian yang ikhlas. Upah yang diambil dari daging hewan qurban sangat tidak diperbolehkan.

Perlu diketahui juga bahwa penyembelihan dan pembagian hewan qurban harus dilakukan sesegera mungkin. Memang waktu penyembelihan hewan qurban adalah setelah sholat Idul Adha dan tiga hari setelahnya atau total selama empat hari. Namun, akan jauh lebih baik jika qurban dilakukan segera seteleh selesai sholat Idul Adha.

Begitu juga dengan pembagian daging qurban. Begitu selesai disembelih, sangat diutamakan untuk segera dilakukan pembagian daging qurban kepada orang-orang yang berhak menerima. Sangat tidak baik untuk menunda-nunda proses qurban dan pembagian hewan qurban. Semakin cepat akan semakin baik dan daging qurban yang diterima pun juga akan lebih segar dan kualitasnya terjaga. Harga hewan qurban juga mempengaruhi dalam bagus tidaknya kualitas daging qurban.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang golongan orang yang layak menerima qurban dan bagaimana qurban seharusnya dilakukan. Pastikan anda berkurban dengan cara yang benar dan memberikan daging qurban kepada orang-orang yang memang berhak menerima qurban menurut Islam. Semoga niat anda untuk berkurban membawa keberkahan bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *