Inilah Tips Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Biar Terlihat Lebih Langsing

by:

KesehatanLifestyleTips dan Trik

Irshady – Perut buncit merupakan masalah yang kini dihadapi banyak orang, baik pria maupun wanita karena sangat mengganggu penampilan. Ya, perut adalah bagian tubuh manusia yang memiliki elastisitas tinggi serta mudah berlemak. Tak hanya kaum obesitas saja yang dapat mengalami masalah ini, melainkan orang-orang yang bertubuh langsing dan proporsional juga dapat mengalaminya. Bahkan, jika buncitnya kebangetan bisa disangka sedang hamil beberapa bulan lho!

Dilihat dari dunia medis, perut buncit berakibat buruk seperti berpotensi menderita stroke, diabetes, dan jantung. Nah, sebelum mengulas lebih jauh, sebaiknya baca tentang tips mengecilkan perut buncit biar terlihat langsing. Adapun mengenai apa sebenarnya penyebab dari perut buncit, berikut ini beberapa di antaranya. Dengan mengetahuinya, diharapkan kita dapat mengupayakan menghindari hal-hal tersebut.

tips mengecilkan perut buncit

Jarang Olahraga

Ada beberapa penyebab perut buncit seperti jarang berolahraga sehingga lemak-lemak tubuh tertimbun. Apalagi perut merupakan bagian tubuh yang jarang digunakan untuk aktivitas pembakaran kalori sehingga ketika rutinitas Anda hanya duduk, makan, dan didepan laptop, bagian perut akan membuncit.

Konsumsi Makanan Ringan

Selain jarang olahraga, penyebab sering nyemil makanan ringan juga berpotensi membuat perut Anda jadi buncit. Apalagi jika kedua hal ini Anda lakukan tanpa pikir panjang, dipastikan perut Anda semakin membuncit. Dalam makanan ringan, mengandung banyak pemanis dan perasa buatan yang tidak dapat dicerna dengan abik oleh tubuh sehingga akan menyebabkan usus terganggu. Mengonsumsi makanan sebelum tidur juga mengakibatkan perut Anda membuncit.

Kurang Tidur

Inilah yang sering dialami oleh sebagian orang di Indonesia yaitu kurang tidur baik karea begadang main game, kerja lembur, dan lainnya. Ketahuilah, ketika tidur kurang, maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol atau hormon stress. Hormon ini memicu keinginan untuk makan dengan kandungan gula berlebih demi menggantikan tenaga yang kurang karena tidur yang tidak cukup. Paling tidak, tidurlah 7 sampai 8 jam tiap malamnya.

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya di atas, pastikan untuk menghindarinya supaya perut Anda tidak semakin membuncit. Jika sudah terlanjur membuncit, berikut ini adalah tips mengecilkan perut buncit untuk Anda!

Cardio

Cardio adalah aktivitas tubuh yang melibatkan banyak anggota badan seperti berlari, berenang, bersepeda, dan lainnya. Ketika Anda rutin melakukan cardio, maka otot-otot tubuh mulai bekerja seperti otot betis, paha, punggung, perut, lengan, dan otot pundak.

Push Up dan Sit Up

Aktivitas yang mudah Anda lakukan untuk mengatasi perut buncit yaitu dengan melakukan olahraga sit up dan push up secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mulanya, lakukan aktivitas ini sebanyak 10 kali sit up dan 10 kali push up. Kemudian, naikkan intensitasnya tiap hari. Dengan demikian, lemak pada perut akan berangsur menghilang. Disarakan untuk melakukan ini di pagi supaya mengontrol nafsu makan biar merasa kenyang.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah merupakan makanan tinggi serat dan rendah kalori yang membantu mengikat air sehingga proses pencernaan berlangsung membaik juga melarutkan lemak. Berdasarkan hasil penelitian, mengonsumsi serat 14  gram tiap hari mampu menurunkan kalori 10 persen dan lemak 4 persen pada bagian perut.

Hindari Jam Makan Malam Sebelum Tidur

Sebelumnya telah dibahas jika makan sebelum tidur akan menyebabkan perut buncit. Maka dari itu, hindarilah hal ini karena tubuh memerlukan waktu 2 jam untuk diproses. Ketika tidak ada aktivitas maka kalori akan diubah jadi lemak.

Nah, itulah beberapa tips mengecilkan perut buncit yang perlu Anda terapkan. Yuk mulai atur pola makanan dan olahraga tiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *