Jangan Asal Gosok! Begini Cara Menggunakan Scrub Wajah yang Benar

by:

KecantikanTips dan Trik

Irshady – Eksfoliasi termasuk tahapan dalam perawatan wajah. Eksfoliasi berguna untuk mengangkat tumpukan kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit baru. Scrub merupakan salah satu teknik eksfoliasi wajah secara fisik dengan cara menggosok wajah dengan bahan tertentu. Yuk, pahami bagaimana cara menggunakan scrub wajah yang tepat agar hasilnya maksimal!

cara menggunakan scrub wajah

1. Pilih Jenis Scrub yang Sesuai

Kulit memiliki berbagai jenis, seperti kulit kering, sensitif, berminyak, hingga berjerawat. Sebelum melakukan scrub, terlebih dahulu Anda harus mengenali kondisi kulit agar bisa memilih jenis scrub yang cocok. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kulit sensitif dan berjerawat sebaiknya memilih jenis scrub yang berukuran kecil cenderung halus agar tidak menimbulkan iritasi maupun merusak wajah.

2. Gunakan 2-3x dalam Setiap Minggu

Scrub penting untuk menghilangkan tumpukan sel kulit mati. Namun, jangan terlalu sering melakukan scrubbing wajah karena berisiko menimbulkan iritasi hingga mempertipis lapisan kulit. Umumnya, scrub dilakukan 2-3 kali dalam setiap minggunya.

3. Awali dengan Basuhan Air Hangat

Sebelum scrubbing, sebaiknya Anda membasuh wajah terlebih dahulu dengan air hangat. Air hangat berguna untuk membuka pori-pori wajah sehingga proses cleansing bisa dilakukan secara maksimal hingga ke bagian terdalam. Setelahnya, tepuk-tepuk wajah dengan lembut dan dikeringkan baru kemudian Anda bisa melakukan scrub wajah.

4. Pijat secara Lembut dan Perlahan

Saat scrubbing, lakukan pemijatan secara lembut dan perlahan di seluruh bagian wajah. Jangan menggosok dengan kasar karena sangat berisiko membuat kulit iritasi bahkan terluka. Tak perlu khawatir scrubbing kurang maksimal, ukuran scrub sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat membersihkan pori-pori yang kotor dan sel kulit mati dengan tepat.

5. Basuh Scrub Menggunakan Air Dingin

Setelah selesai scrubbing, Anda perlu membasuh muka agar sisa scrub hilang. Sebenarnya tidak masalah jika Anda menggunakan air biasa tapi lebih disarankan membasuh muka dengan air dingin. Hal ini dikarenakan air dingin bisa lebih optimal mengangkat residu scrub. Selain itu, air dingin juga berguna untuk menutup pori-pori wajah dan memberikan sensasi relaksasi setelah scrubbing pada kulit.

Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan scrub wajah tepat. Alih-alih mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar, metode scrubbing yang salah malah merusak kulit wajah. Scrubbing yang tepat menjadi salah satu bentuk usaha perawatan wajah agar selalu sehat, fresh, dan pastinya bisa untuk menambah kepercayaan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.