Jangan Lupa Membaca Doa – Doa Berikut Setela Melaksanakan Sholat Fardhu

by:

InformasiLifestyle

Irshady – Seperti yang sudah dianjurkan oleh Rasulullah SAW bahwa setelah melaksanakan sholat fardhu sebaiknya kita tida bergegas pergi melainkan kita harus menyempatkan diri untuk berdzikir dan berdoa. Mungkin itu karena pada waktu – waktu tersebut merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa, sehingga kita tidak harus memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik mungkin.

Bahkan anjuran untuk melaksanakan dzikir dan berdoa setelah sholat fardhu ini juga sudah dijelaskan didalam hadits riwayat Bukhari – Muslim yang diutarakan oleh Ibnu Abbas r.a yang mengatakan bahwa “ Mengersakan suara saat berdzikir ketika orang – orang selesai sholat maktubah sudah ada pada zaman Nabi Muhammad SAW”

Dengan berdoa juga itu merupakan tanda bahwa kita orang yang beriman karena kita meyakini bahwa segala yang terjadi di hidup kita merupakan kehendak dari Allah SWT. Selain itu saat berdoa kepada Allah SWT pula seakan – akan kita sedang berkomunikasi dengan Allah SWT. Itulah mengapa saat momen tersebut kita merasa lebih dekat dengan Allah dan merasa bahwa hati dan pikiran jauh lebih tenang.

Berdoa setelah sholat juga ternyata memiliki aturan dan urutan yang disunnahkan untuk diikuti. Kira – kira apa saja doa dan bacaan setelah sholat fardhu yang harus kita lafalkan sebelum akhirnya bisa mengutarakan keinginan kita. Berikut ini terdapat urutan doa dan dzikir yang bisa anda ikuti.

bacaan setelah sholat fardhu

  1. Membaca Istigfar 3x

“Astaghfirullahal’adzim, Alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaihi” 3x

Artinya : “Aku minta ampun pada Allah yang Maha Agung , yang tidak ada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepadaNya”.

  1. Membaca doa pujian kepada Allah SWT 3x

“La ilaha illallahu wa’hdahula syariikalahu, lahulmulku walahul’hamdu yu’hyii wayumiitu wahuwa ‘alakulli syai’ing qodiiru”

Artinya : “Tidak ada Tuhan kecuali Allah sendiri, tak ada Sekutu bagiNya. BagiNya-lah kerajaan dan bagiNya-lah segala pujian. Ia menghidupkan dan mematikan, dan Ia Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

  1. Membaca doa pujian kepada Allah

“Allahumma angtassalamu wa mingkassalamu wa ilaika ya’uwdussalamu, fakhayyina rabbana bissalamu wa adkhilnaljannata darossalami tabarokta rabbana wa ta’alaita yadzaljalali wal ikromi.”

Artinya : “Wahai Allah! Engkaulah pemilik kedamaian, dari Engkaulah kedamaian, dan kepada Engkaulah kembalinya kedamaian. Oleh karena itu hidupkanlah kami, wahai Tuhan kami, dengan penuh kedamaian. Masukanlah kami ke dalam surga, tempat kedamaian. Engkau, ya Tuhan kami, Maha Suci dan Maha Tinggi, Wahai Zat Yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan”.

  1. Membaca Surat Al Fatihah

  2. Membaca Ayat Kursi

“Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim”

  1. Membaca Tahmid, Tasbih, Takbir, dan Tahlil sebanyak 33x

  2. Membaca doa memohon ampunan kepada Allah SWT

“Allaahumma Innaa Nas’aluka Salaamatan Ftddiini Waddun-Yaa Wal Aakhirah. Wa ‘Aafiya-Tan Fil Jasadi Wa Shihhatan Fil Badani Wa Ziyaadatan Fil ‘Ilmi Wa Barakatan Firrizqi Wa Taub Atan Qablal Maut Wa Rahm Atan ‘Indalmaut Wa Maghfiratan Ba’d Al Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaraatil Maut Wan Najaata Minan Naari Wal ‘Afwa ‘Indal Hisaab.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.