Jangan Terlambat! Miliki Tabungan Haji Sejak Usia Muda dengan Cara Ini

by:

KeuanganTips dan Trik

Irshady – Di Indonesia, masa tunggu haji bisa mencapai belasan sampai puluhan tahun. Anda yang berniat menunaikan ibadah haji sebaiknya mulai membuat tabungan haji sejak usia muda. Pada tahun 2019, 60% jemaah haji berusia di atas 60 tahun. Hal ini karena banyaknya yang mendaftar haji di usia 40 tahun.

Padahal, melaksanakan ibadah haji sangat dianjurkan saat usia muda karena kegiatan ibadahnya yang membutuhkan tubuh sehat dan kuat. Lalu, bagaimana misalnya di usia muda Anda belum mempunyai cukup modal untuk sekadar mendaftar saja? Solusinya Anda bisa mulai membuat tabungan.

5 Cara Menabung untuk Melaksanakan Ibadah Haji

Melaksanakan ibadah haji menjadi keinginan setiap muslim, tetapi banyak yang merasa tidak mungkin bisa melakukannya karena masalah biaya. Alasan itu bisa ditepis dengan doa dan usaha, salah satu usahanya yaitu dengan menabung. Inilah beberapa tips menabung yang bisa Anda lakukan.

1. Membeli Reksadana Syariah

Reksadana syariah bisa didapatkan dengan modal awal yang minim yaitu sebesar Rp100 ribu saja. Investasi reksadana syariah memiliki peluang bagi hasil yang tinggi. Namun, sebelum membeli sebuah reksadana syariah, perhatikan jenis, profil, dan risiko dari reksadana syariah tersebut.

2. Membeli SUKUK

SUKUK termasuk ke dalam salah satu jenis obligasi syariah. SUKUK menjadi salah satu bagian investasi penghasilan tetap yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan. Membeli SUKUK membuat Anda akan menerima bagi hasil sebesar 8,05% per tahun.

Cukup dengan modal Rp1 juta untuk mulai membeli SUKUK. Pendapatan dari bagi hasil SUKUK bisa Anda gunakan untuk membuat tabungan haji.

3. Menabung dari Penghasilan Tambahan

Saat mendapatkan penghasilan tambahan seperti dari gaji freelance, bonus kerja, THR menjelang hari raya, keuntungan bisnis, atau penghasilan tambahan lainnya segera sisihkan untuk disimpan ke dalam tabungan haji.

4. Membuat Tabungan Haji

Saatnya membuka tabungan haji ketika Anda sudah memiliki niat dan penghasilan. Membuka tabungan haji tidak memerlukan modal yang besar, begitupun untuk setorannya. Anda bisa membuka tabungan di bank, jika telah mencukupi sebesar Setoran Awal dapat dilanjutkan ke Kementerian Agama kabupaten/kota untuk mendapatkan kuota.

Setelah membuka tabungan, waktunya Anda bekerja keras untuk menabung karena biaya haji setiap tahunnya akan naik.

2 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Melaksanakan Ibadah Haji

Tidak cukup hanya menyiapkan uang saja untuk bisa melaksanakan ibadah haji, beberapa hal berikut ini harus Anda ketahui agar rencana beribadah haji berjalan lancar.

1. Jeli dalam Memilih Agen Travel

Sudah banyak agen travel haji maupun umroh yang ditangkap oleh kepolisian karena melakukan penipuan. Korbannya pun selalu berjumlah banyak. Dan rata-rata para agen bodong tersebut memberikan harga yang murah. Anda harus jeli ketika memilih agen travel haji dan umroh. Pastikan agen tersebut resmi dan bukan agen penipuan.

2. Mencari Teman untuk Menabung Bersama

Biasanya ketika melakukan suatu hal bersama orang lain akan lebih bersemangat karena adanya persaingan atau motivasi. Khususnya bagi perempuan harus memiliki mahrom untuk melaksanakan ibadah haji. Sehingga, jika Anda seorang perempuan, maka ajaklah saudara laki-laki, suami, atau ayah untuk membuat tabungan haji bersama.

Membuka Tabungan Haji “PermataTabungan iB Haji” dari PermataBank

PermataBank membuka tabungan haji bernama PermataTabungan iB Haji untuk Anda yang ingin melaksanakan ibadah haji. Membuka tabungan haji di PermataBank sangat mudah dan memiliki banyak keuntungan.

1. PermataTabungan iB Haji Reguler

Tabungan haji reguler yaitu biaya haji reguler yang lebih terjangkau. Keuntungan tabungan haji reguler, yaitu:

  • Pasti berangkat haji, Anda akan langsung mendapatkan kuota haji melalui SISKOHAT dari Kementerian Agama RI
  • Setoran awal ringan, setoran awal cukup Rp250.000 saja dan setoran selanjutnya Rp50.000.
  • Bebas biaya administrasi bulanan tanpa syarat.
  • Kemudahan bertransaksi, setoran selanjutnya dapat dilakukan dengan mudah di seluruh kantor PermataBank maupun PermataBank Syariah juga di Kantor Kementerian Agama melalui Layanan Satu Atap PermataBank Syariah
  • Transaksi dilakukan dengan akad Mudharabah Mutlaqah.

2. PermataTabungan iB Haji Khusus

PermataTabungan iB Haji Khusus yaitu tabungan haji menggunakan mata uang USD, bebas biaya administrasi, dan juga mendapatkan Porsi Haji langsung dari SISKOHAT. Keuntungan tabungan haji khusus ini, yaitu:

  • Pasti berangkat haji, kuota haji akan langsung didapatkan melalui SISKOHAT dari Kementerian Agama RI
  • Setoran awal ringan, setoran awalnya hanya U$D50 dan setoran Anda berikutnya tidak ditentukan secara khusus.
  • Dengan menggunakan tabungan haji ini Anda terbebas dari biaya administrasi bulanan tanpa syarat.
  • Kemudahan bertransaksi, setoran selanjutnya dapat dilakukan di seluruh kantor PermataBank maupun PermataBank Syariah juga di Kantor Kementerian Agama melalui Layanan Satu Atap PermataBank Syariah.
  • Transaksi dilakukan dengan akad Mudharabah Mutlaqah.

Sangat mudah, terpercaya dan banyak keuntungan jika Anda membuka tabungan haji di PermataTabungan iB Haji. Cara membuat rekening tabungan sangat mudah. Anda cukup mengunduh aplikasi mobile banking PermataMobile X. Segera mulai tabungan haji untuk segera pula Anda dapat berangkat ibadah haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *