Jangan Tunggu Kronis, Kenali Beberapa Gejala GERD Berikut Ini

by:

InformasiKesehatan

Irshady – Rasa perih di bagian dada hingga tenggorokan sampai dengan mulut yang terasa asam, waspadai bisa jadi hal tersebut merupakan tanda Anda terserang penyakit GERD. Penyakit yang satu ini dikenal juga dengan nama asam lambung. Dimana hal tersebut dipicu oleh lemahnya katup yang ada pada kerongkongan. Pada kondisi normal katup tersebut memang akan terbuka untuk membuat makanan maupun minuman masuk secara otomatis ke bagian lambung kemudian dicerna. Setelah itu baru katup ini akan tertutup kencang agar isi lambung tidak sampai keluar.

Hanya saja berbeda pada pasien atau penderita GERD, mengingat katup ini kondisinya lemah, sehingga tidak mampu untuk menutup dengan baik. Sehingga isi yang ada dalam lambung, termasuk makanan dan juga asam lambung ikut terbawa naik ke bagian kerongkongan. Jika seandainya hal ini terjadi secara terus menerus tentunya berakibat fatal. Karena bisa menyebabkan iritasi hingga peradangan, sehingga lama kelamaan area tersebut menjadi lemah.

Umumnya memang ada beberapa gejala GERD yang patutnya Anda ketahui, sehingga bisa langsung ambil tindakan untuk mengobatinya, diantaranya adalah:

gejala dan tanda penyakit GERD

  1. Sulit dalam menelan makanan, karena terasa ada benjolan pada bagian tenggorokan.
  2. Mengalami gangguan pernapasan, diantaranya gejala layaknya batuk-batuk dan sesak napas. Apalagi jika seandainya orang tersebut memiliki penyakit asma, maka nantinya akan lebih sering untuk kambuh.
  3. Suara menjadi serak, sehingga kurang jelas dalam berbicara dan terasa tidak nyaman.
  4. Mual hingga muntah, biasanya terjadi setelah makan ketika tubuh merasa kekenyangan. Maka nantinya akan muncul gejala tersebut.
  5. Sakit pada area tenggorokan.
  6. Keluarnya isi lambung tanpa sadar.
  7. Mengalami masalah tidur.
  8. Gigi menjadi rusak, kerusakan pada gigi ini bukan tanpa alasan, melainkan karena asam lambung yang baik sampai masuk kedalam perut, sehingga menyebabkan gigi juga terasa asam dan mudah untuk berlubang.
  9. Bau pada mulut.

Tak jarang juga orang-orang yang menyalahartikan bahwa GERD ini sebagai serangan jantung. Padahal meskipun mirip sebenarnya kedua penyakit ini berbeda. Karena memang nyeri pada area dada atau ulu hati yang diderita oleh pasien jantung umumnya terasa lebih berat hingga menjalar ke area leher sampai dengan rahang. Sedangkan untuk GERD sendiri nyeri pada ulu hati ini ditambah dengan rasa asam pada mulut dan tidak diperparah oleh aktivitas fisik.

Umumnya gangguan kesehatan yang satu ini juga dapat diobati, misalnya adalah dengan mengonsumsi obat antisida yang memang berperan untuk menetralkan asam dalam lambung. Selain dengan konsumsi obat-obatan juga dapat dilakukan beberapa perubahan gaya hidup, diantaranya adalah:

  1. Turunkan berat badan, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, maka penurunan berat badan sangat membantu hal tersebut.
  2. Hindari merokok.
  3. Tinggikan area kepala ketika sedang tidur. Jangan langsung berbaring setelah makan, tunggulah setidaknya 2 hingga 3 jam.
  4. Hindari makanan dan juga minuman yang dapat memicu asam lambung seperti makanan pedas, asam, susu, coklat sampai dengan kopi hingga alkohol.
  5. Gunakan pakaian yang nyaman dan hindari berpakaian terlalu ketat.

Itulah beberapa gejala dan tanda penyakit GERD dan juga upaya untuk mengatasinya agar tidak semakin parah. Ingat jika terus menerus dibiarkan dalam jangka waktu panjang. Maka penyakit ini akan meningkatkan resiko masalah kesehatan lain yang lebih serius. Ada baiknya juga untuk mengubah pola hidup sebagai langkah pencegahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *