Jenis-Jenis Makanan Sehat yang Harus Ada di Kulkas

by:

KesehatanKuliner

Irshady – Menjaga kesehatan memang hal terpenting yang harus kita lakukan. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Sayangnya makanan sehat yang tidak disimpan dengan baik akan cepat rusak, sehingga tidak bisa diolah. Oleh karena itu berikut dijelaskan jenis makanan sehat apa saja yang harus di simpan di kulkas.

Makanan Sehat

1. Telur

Telur bisa dikatakan sebagai makanan yang nyaris sempurna. Bahan makanan ini mudah untuk dikemas, memiliki banyak nutrisi, kandungan kalori yang rendah, serta memiliki protein yang tinggi. Jika disajikan dalam jumlah yang sedang, telur sangat baik sebagai sarapan karena kandungan protein yang tinggi. Protein sendiri berfungsi untuk mengganti sel-sel yang rusak.

Sajikan telur bersama salad untuk menu sarapan kita. Namun telur orak-arik juga bisa dikonsumsi saat malam hari.

Bagian putih telur memang bebas kita makan, tapi kita harus membatasi memakan bagian kuningnya. Karena bagian tersebut mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Jika memiliki risiko penyakit jantung, sebaiknya membatasi memakan kuning telur. Hal ini demi menjaga kondisi jantung tetap sehat.

2. Sayuran segar

Sayuran merupakan serat alami yang baik bagi pencernaan kita. Selain itu beberapa sayuran juga bisa menurunkan tekanan darah dan melawan kanker. Sayuran juga sering dimanfaatkan oleh beberapa kalangan sebagai bagian dari diet mereka, karena kandungan sayur yang rendah kalori dan lemak.

Namun sayuran dikenal sebagai bahan makanan yang mudah rusak. Oleh karena itu penyimpanannya harus dilakukan di kulkas dengan suhu dingin.

3. Buah beri

Buah-buahan memang wajib ada di dalam kulkas kita. Namun salah satu buah yang bisa menjadi pilihan adalah beri. Buah ini termasuk buah yang rendah gula jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Selain itu beri dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan, serat, vitamin C, dan beberapa mineral seperti folat dan kalium.

Beri bisa dimanfaatkan dengan mencampurkan serela, yoghurt, dan smoothies sebagai sarapan atau camilan sehat.

4. Tempe

Beberapa ahli juga menyarankan tempe untuk selalu ada di kulkas sebagai menu makanan sehat kita. Tempe bisa dimanfaatkan menjadi berbagai jenis makanan, bahkan sering kali dikombinasikan dengan jenis makanan lainnya.

Berasal dari bahan kedelai, tempe mengandung banyak nutrisi sehat. Seperti isoflavon yang membantu melawan berbagai macam penyakit. Proses pembuatannya yang melalui fermentasi, membuat tempe menghasilkan bakteri baik yang berguna untuk usus.

5. Greek yoghurt rendah lemak

Greek yoghurt bisa dikatakan sebagai makanan yang rendah lemak, sumber probiotik, dan kandungan protein yang tinggi. Jika dibandingkan dengan yoghurt lain, greek yoghurt memiliki kandungan protein dua kali lebih banyak. Greek yoghurt juga tidak memiliki tambahan gula, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Yoghurt ini dapat dicampur bersama dengan buah-buahan segar sebagai sarapan atau camilan sehat kita. Selain itu greek yoghurt bisa juga dicampur dengan salad telur, tuna, dan oatmeal.

Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat merupakan langkah yang baik dalam mencegah kita terkena berbagai macam penyakit. Misalnya jika kita memakan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak maka akan terkena obesitas, gangguan jantung, gangguan pembuluh darah, bahkan hingga kanker.

Penyakit-penyakit tersebut sangat berbahaya dan tentu saja bisa berdampak pada kematian. Oleh karena itu selain mengonsumsi makanan sehat, kita memerlukan perlindungan lain agar menjamin tubuh kita tetap sehat.

Salah satu perlindungan yang bisa kita gunakan adalah asuransi kesehatan. Apa itu asuransi? Asuransi secara singkat merupakan sistem pengalihan risiko dari pihak tertanggung kepada pihak yang dipertanggungkan. Jadi, jika kita terkena penyakit yang cukup berisiko, maka seluruh biaya pengobatan akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Selain itu ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika memiliki asuransi. Seperti keuangan tetap terjaga dengan baik, masa depan terjamin, mendapatkan fasilitas kesehatan yang bagus, serta menjamin anggota keluarga tetap aman secara finansial di masa mendatang.

Ada banyak perusahaan asuransi yang bisa kita jadikan pilihan. Namun sebelum memilih, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai produk dan jenis asuransi yang ditawarkan. Untuk mendapatkan informasi tersebut kita bisa mengunjungi Lifepal yang menyediakan banyak informasi mengenai asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *