Manfaat Kandungan Susu Formula untuk Perkembangan Bayi

by:

FamilyKesehatanParenting

Irshady – Susu formula merupakan salah satu upaya yang dapat diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Nutrisi yang seimbang akan membuat pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat berjalan optimal. Berikan susu formula sebagai pendamping ASI sesuai usia bayi. Ini Manfaat kandungan susu formula untuk perkembangan tubuh bayi.

perkembangan bayi

1. Merangsang Perkembangan Otak

Susu formula memiliki kandungan DHA, EPA, dan Omega yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak. Kandungan ini akan membantu jaringan dan sel otak untuk membentuk sinaps-sinaps yang akan meningkatkan kecerdasan anak Anda nantinya.

Kandungan zat besi pada susu pun dibutuhkan untuk pertumbuhan otak bayi. Anda akan melihat perkembangan otak bayi ini dari kemampuan yang dimilikinya setiap bulan. Maka, perhatikan dengan baik ada atau tidaknya kandungan ini di dalam susu formula yang dipilih. Berikan susu sesuai dengan kebutuhan bayi dengan rutin dan lihat perkembangan yang terjadi pada bayi.

2. Memperkuat Tulang

Perkembangan bayi juga dilihat dari kuatnya tulang pada bayi, sehingga bisa cepat berjalan dan duduk. Susu formula memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dengan memperkuat tulang bayi. Kandungan kalsium yang akan bekerja untuk pertumbuhan tulang. Ini juga menjadi cara untuk bayi Anda bisa tumbuh tinggi dengan kandungan kalsium dan fosfor yang ada.

3. Perkembangan Pencernaan

Susu formula memiliki manfaat untuk perkembangan bayi pada organ pencernaan. Kandungan FOS dan GOS yang dimiliki oleh susu formula akan meningkatkan jumlah bakteri baik yang berperan penting untuk proses pencernaan. Keberadaan bakteri ini akan mencegah jumlah bakteri jahat di dalam tubuh bayi. Dampaknya bayi akan terlindungi dari gangguan pencernaan.

4. Pertumbuhan Gigi

Gigi bayi akan mulai tumbuh di usia 6 bulan terlebih setelah pemberian makanan pendamping ASI. Pertumbuhan gigi ini akan tumbuh normal dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bayi. Susu formula memiliki kandungan yang akan membuat gigi bayi tumbuh dengan kuat.

Selain itu juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya masalah gusi bengkak dan gangguan kesehatan gigi yang lainnya. Pemberian susu dari bayi ini akan membantu untuk mencegah terjadinya gigi berlubang karena bayi memiliki gigi yang kuat. Jika pada usianya gigi bayi tidak juga tumbuh, bisa jadi ada masalah yang dialami oleh bayi Anda.

5. Meningkatkan Stamina

Setelah berusia lebih dari 6 bulan dengan mengonsumsi susu formula akan membantu meningkatkan stamina bayi. Kandungan yang ada di dalam susu formula yaitu fosfor, protein, vitamin A dan vitamin B akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bayi Anda akan memiliki stamina dan sistem imun yang baik, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

6. Perkembangan Berat Badan

Tumbuh kembang bayi akan berjalan optimal jika Anda memenuhi kebutuhan nutrisinya. Susu formula yang dikonsumsi akan bermanfaat untuk menjaga perkembangan berat badan bayi. Bayi yang sehat memiliki berat badan yang terus bertambah dengan seimbang sesuai dengan usianya.

Jika pemberian susu formula tidak mempengaruhi atau tidak berdampak pada perkembangan tubuh bayi, bisa jadi karena susunya tidak cocok. Anda bisa mengganti produk susu yang digunakan atau mencari tahu masalahnya dengan melakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter anak.

Penting sekali untuk Anda memantau perkembangan bayi dengan cermat. Anda sebagai ibu perlu mengetahui secara detail tumbuh kembang bayi sesuai dengan usianya. Berikanlah susu formula yang berkualitas untuk bayi agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa berjalan optimal. Anda bisa mencari tahu berbagai informasi tentang bayi di generasimaju.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *