Mengenal Jenis dan Fungsi Batu Bata Untuk Desain Rumah Minimalis

by:

InformasiLifestyleProperti

Irshady – Selain membuat desain rumah minimalis yang tepat dan sesuai dengan keinginan, mengetahui bahan yang akan digunakan untuk membuat bangunan adalah hal yang sangat penting. Ya, pemilihan bahan bangunan yang tepat tentu akan berpengaruh pada kualitas dari bangunan yang Anda buat. Dengan bahan bangunan yang tepat, bangunan yang Anda buat juga akan kuat.

Nah, salah satu bahan bangunan yang harus dipahami dengan baik karena sangat sering digunakan dalam proses pembuatan bangunan adalah batu bata. Tidak dimungkiri memang jika batu bata adalah salah satu bahan bangunan utama. Oleh karena itu, seiring dengan penggunaannya yang mayoritas, memahami detail batu bata adalah hal yang sangat penting.

desain rumah minimalis

Ragam Jenis dan Fungsi Batu Bata Untuk Diketahui 

Seiring dengan penggunaan batu bata dalam proses pembuatan bangunan, maka Anda harus mengetahui ragam jenis serta fungsi dari batu bata tersebut. Ini adalah hal yang sangat penting di mana akan membantu Anda mendapatkan batu bata yang tepat dan kuat.

Adapun beberapa jenis serta fungsi dari batu bata tersebut adalah sebagai berikut:

1. Batu bata tanah liat

Dilihat dari namanya, tentu batu bata yang sering digunakan dalam aplikasi desain rumah ini dibuat dengan bahan dasar tanah liat. Nah, hal yang perlu Anda ketahui adalah batu bata tanah liat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:

  • Batu bata biasa

Jenis batu bata pertama adalah batu bata biasa. Ini adalah batu bata yang memiliki permukaan serta warna yang bisa dikatakan tidak tentu. Biasanya, batu bata ini digunakan untuk membuat dinding di mana menggunakan campuran semen sebagai perekat. Umumnya, batu bata ini disebut dengan nama lain batu bata merah.

  • Batu bata muka

Jenis batu bata tanah liat yang kedua adalah batu bata muka atau batu bata ekspos. Ini adalah jenis batu bata yang memiliki permukaan yang cenderung lebih rapi dan memiliki warna serta corak yang seragam. Karena detail tersebut, harga dari batu bata muka cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis yang pertama.

2. Batu bata campuran kapur dan pasir

Sesuai namanya, jenis batu bata ini dibuat dengan campuran material batu kapur dengan pasir. Dalam proses pembuatannya, batu bata ini dibuat dengan proses press dan akan menghasilkan batu bata yang sangat kuat.

Nah, penggunaan batu bata ini juga berbeda dengan jenis sebelumnya. Umumnya, batu bata ini digunakan untuk dinding yang terendam air. Karena bahan baku tersebut, batu bata ini cenderung tidak akan mudah keropos dan hancur.

Tips Pemasangan Batu Bata

Setelah mengetahui jenis batu bata yang bisa digunakan untuk membuat rumah minimalis idaman, hal lain yang perlu diketahui adalah mengenai tips pemasangan batu bata tersebut. Ini adalah hal yang sangat penting di mana akan berpengaruh pada hasil pemasangan yang dilakukan.

Ada beberapa tips yang sebaiknya Anda ketahui dalam hal ini. Adapun beberapa tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pemasangan batu nol

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemasangan batu nol. Batu bata nol adalah bata pertama yang diletakkan setelah fondasi. Nah, dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa batu bata nol ini dipasang dengan akurat dan kuat. Hal ini sangat penting karena pemasangan batu bata nol akan berpengaruh pada pemasangan batu selanjutnya.

2. Pemasangan lanjutan

Pemasangan lanjutan adalah pemasangan bata setelah bata nol. Dalam hal ini, Anda memang cenderung lebih mudah untuk pemasangan. Namun, tentu pemasangan tersebut harus tetap dikontrol. Nah, Anda bisa menggunakan benang untuk membantu proses pemasangan agar menjadi lebih teratur dan hasilnya lebih baik.

3. Lakukan pengecoran 

Untuk memastikan batu bata kuat, maka perlu proses pengecoran pada saat pemasangan batu bata. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan pengecoran pada ketinggian tertentu. Umumnya, pengecoran dilakukan saat dinding bata mencapai ketinggian sekitar 1,2 hingga 1,5 meter.

Demikian beberapa ulasan mengenai jenis batu bata dan fungsinya untuk aplikasi desain rumah minimalis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *