Mengintip Kembali Keunggulan Oppo A37, Smartphone Lawas yang Pernah Populer pada Masanya

by:

InformasiSmartphoneTeknologi

sumber : leemot.com

Irshady – Oppo memang termasuk produsen telepon genggam yang belum begitu lama melebarkan sayapnya di dunia per-gadget-an. Meskipun masih seumur jagung, namun kiprah dan pangsa pasarnya sudah termasuk tinggi. Jumlah penjualannya disinyalir mampu mengalahkan brand-brand pendahulunya.

Oppo selalu meng-upgrade jenis ponsel yang mereka keluarkan, mulai dari inovasi di bagian kamera, layar dan spek lainnya selalu membuat para pengguna ingin gonta-ganti HP setiap tau ada tipe smartphone terbaru yang dirilis.

Salah satu tipe HP Oppo yang pernah eksis pada masanya ialah Oppo A37. Oppo A37 merupakan jenis smartphone kelas menengah yang cukup populer kala itu. Dirilis pada tahun 2016, harga HP Oppo A37 dihargai sebesar Rp. 2,7 juta.

Sebagai tipe HP yang menyasar pasar kelas menengah ke atas, tentunya HP Oppo A37 memiliki beberapa keunggulan. Spesifikasi yang dimiliki antara lain:

  • Sistem operasi Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Memori internal 16 Gb dengan RAM 2Gb
  • Tipe kartu memori micro-SD
  • Kamera 8 Mp
  • Model kartu dual sim
  • Ukuran layar 5.0 inch
  • Resolusi layar 720 x 1280 pixels.

Selain spesifikasi dasar tersebut, harga smartphone Oppo A37 yang tergolong mahal itu juga tentunya memiliki keunggulan lain, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Desain Premium

sumber : leemot.com

Mengulas dari sektor tampilan terluar HP Oppo A37, tipe HP ini memiliki desain premium elegan namun tetap terkesan simple. Dengan layar 5 inch dan harga yang lumayan, Oppo A37 ini harus dibekali dengan desain yang apik.

Hal ini bisa terwujud berkat konstruksi unibody yang bergabung dengan balutan aluminium alloy atau biasa disebut metal. Parahnya, Oppo A37 masih ditambah lagi dengan dua pilihan trendy warna yakni gold dan rose gold.

Dari sisi dimensi, Oppo A37 memiliki panjang 143.1 mm dan lebar 71 mm serta ketebalan 7.7 mm. tentunya ini akan mendukung kamu betah berlama-lama untuk menggenggam smartphone ini. Apalagi berat yang dimilikinya hanya 140 gram.

Pada sector layar Oppo A37 memiliki layar selebar 5.0 inch, dengan resolusi HD 720 x 1280 dan kerapatan 294 ppi. Bukan hanya itu saja, layar yang dilapisi corning gorilla glass 4 ini bisa melindungi smartphone Oppo kamu dari goresan.

2. Performa Tangguh

sumber : leemot.com

Soal performa yang ditawarkan kamu tidak perlu ragu lagi. Untuk harga handphone Oppo A37 yang cukup lumayan dikantong, pastinya performa yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi. Dibuktikan dengan adanya chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang berkolaborasi dengan processor quad-core dengan kecepatan 1.2 GHz ARM Cortex-A53.

Didukung dengan RAM 2Gb dan kapasitas memori internal hingga 16 Gb membuat ponsel ini mampu menampung banyak aplikasi, belum lagi kamu bisa memasang memori tambahan microSD hingga mencapai kapasitas 258gb.

Dari sisi grafis, Oppo A37 mengandalkan GPU Adreno 306 yang sudah sangat dikenal mampu menghemat daya. Tidak ketinggalan, Oppo mengusung sistem Android v5.1 lollipop serta ui Color OS 3.0 yang mana akan cukup membuat kinerja ponsel kamu akan lebih maksimal.

3. Perpaduan Kamera

sumber : leemot.com

Meskipun di seri Oppo A37 resolusi kamera yang ditawarkan tidak begitu tinggi yakni hanya 8 Mp dan 5 Mp, namun kemampuan dalam merekam video sudah dilengkapi fitur menarik yakni kualitas full HD [email protected] Selain itu pada kamera sudah terdapat fitur autofocus dan LED flash untuk memudahkan menangkap objek ketika dalam kondisi gelap. Adapun fitur pendukung yang menemani kamera utama dan depan ialah touch focus, Geo-tagging, face detection, panorama dan lain-lain.

4. Konektivitas Lengkap

sumber : leemot.com

Memiliki 2 slot SIM yang telah berjaringan 4G LTE membuat Oppo A37 ini mampu mengunduh hingga kecepatan 150 Mbps, serta kecepatan unggah data mencapai 50 Mbps. Tak perlu khawatir jika lokasi kamu belum didukung 4G LTE karena Oppo A37 juga menyematkan jaringan alternative GSM dan HSPA.

Pada konektivitas dengan jarak dekat, A37 menyediakan jaringan nirkabel WiFi 802.11 dan hotspot. Sedangkan konektivitas pendukungnya adalah Bluetooth, microUSB serta tak ketinggalan support A-GPS.

5. Baterai

sumber : leemot.com

Untuk harga HP Oppo A37 yang tergolong tinggi, tak heran jika kapasitas baterai yang dimiliki juga tidak sembarangan. Memiliki baterai Lithium Ion dengan kapasitas mencapai 2.630 mAh non removable, membuatnya mampu memenuhi kebutuhan komponen daya sehari-hari.

Selain dibekali dengan banyak sekali keunggulan, namun Oppo A37 juga tidak luput dari kekurangan, diantaranya:

  • Tidak terdapat flash pada kamera depan, hal ini berpengaruh ketika suatu saat kamu ingin mengabadikan momen selfie saat posisi cahaya kurang mendukung.
  • Belum terdapat fingerprint sensor sebagaimana fungsi dari fingerprint sensor bisa untuk menambah keamanan ponsel.
  • Baterai non removable yang apabila daya baterai sudah tidak maksimal alias mudah drop, kamu tidak bisa menggantinya.
  • Belum dilengkapi fasT charging, jadi kamu memerlukan waktu yang sedikit lebih lama hingga daya baterai terisi penuh.

Nah, itulah secuil kekurangan yang dimiliki oleh Oppo A37, terlepas dari kekurangannya pasti sangat tertutupi dengan keunggulan yang dimilikinya. Untuk saat ini harga HP Oppo A37 mungkin sudah tidak setinggi dulu, jadi jika kamu belum sempat memilikinya, masih tertarik kah sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *