Moms, Ini 6 Langkah Sehat Meningkatkan Sistem Imun Pada Anak!

by:

FamilyKesehatanParentingTips dan Trik

Irshady – Virus Corona semakin merajalela di dunia. Meski umumnya orang lanjut usia lebih rentan terinfeksi COVID-19, para orangtua yang mempunyai anak kecil tentu juga dibikin was-was dengan adanya wabah yang bisa merenggut nyawa ini. Setiap orang tua saat ini sedang berusaha agar buah hatinya bisa terhindar dari penyakit menular tersebut. Dengan mengetahui tentang cara meningkatkan sistem imun pada anak, pastinya bisa membantu para orang tua untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil. Oleh karena itu, simak cara-cara meningkatkan sistem imun untuk si kecil di bawah ini yuk, moms!

 

  • Berilah Asupan Buah dan Sayur Sesering Mungkin

 

Sumber: pinterest.com

Buah dan sayur memang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh. Pilihlah sayur dan buah dengan kandungan vitamin C yang banyak, karena produksi pada sel darah putih bisa lebih maksimal sehingga efektif melawan virus. Rutin mengkonsumsi sayur dan buah juga ternyata bisa melindungi tubuh si kecil dari berbagai penyakit saat dewasa, lho. Sajikan jeruk, stroberi, wortel, brokoli dan kacang hijau di menu makanannya. Buat camilan si kecil, kamu dapat menyiapkan salad buah, kacang-kacangan atau yogurt. Tapi, tetap sesuaikan porsi makanannya dengan usia si kecil ya.

 

  • Berjemur

 

Sumber: pinterest.com

Tubuh yang kekurangan vitamin D bisa membuat pertumbuhan si kecil jadi terhambat, termasuk pembentukan sistem kekebalan pada tubuh. Sehingga bakteri maupun virus dapat masuk dengan mudah ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, rutinlah berjemur setiap hari untuk meningkatkan imunitas anak. Kamu bisa berjemur bersama si kecil dengan waktu sekitar 10-15 menit.  Supaya kulit tetap terlindungi dengan baik, jangan lupa pakai sunscreen khusus untuk anak atau balita.

 

  • Usahakan agar Anak Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

 

Sumber: pinterest.com

Tidur yang kurang rentan terkena penyakit lho, terutama anak-anak. So, usahakan supaya si kecil memiliki waktu tidur yang cukup ya. Waktu tidur yang normal buat bayi yang baru lahir adalah sekitar 18 jam sehari, untuk balita 12 sampai 13 jam, sedangkan anak yang sudah menduduki bangku sekolah 10 jam waktu tidur setiap hari. Ini sangat penting diterapkan supaya imunitasnya tetap kuat dan terjaga.

 

  • Terapkan Pola Hidup Sehat

 

Sumber: pinterest.com

Menerapkan pola hidup sehat kepada anak sangat penting sekali, apalagi di masa pandemi seperti ini. Pastikan anak selalu mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas, sebelum dan sesudah makan. Ketika keluar, siapkan lah tisu yang sekali pakai untuk pembersihan cepat. Ajarkan juga si kecil tentang cara dan etika batuk yang benar, yakni menutup mulut saat batuk.

 

  • Berilah Anak Suplemen untuk Meningkatkan Imun Tubuh

 

Sumber: Bayer

Sumber: Bayer

Mengkonsumsi suplemen dengan herbal, mineral, vitamin, dan zat tertentu bisa meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Saat ini sudah banyak berbagai suplemen kalsium untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak yang bisa kamu temui di toko layanan kesehatan atau secara online. Ada beberapa rasa suplemen yang bisa kamu pilih untuk si kecil, mulai dari rasa jeruk, strawberry dan masih banyak lagi. Rasa buah yang manis pastinya bakal disukai si kecil.

 

  • Perbanyak ASI 

 

Sumber: pinterest.com

Bagi kamu yang memiliki bayi, memberikan ASI yang banyak untuk si kecil dapat meningkatkan imunitas pada anak, lho. Ini karena ASI mempunyai kandungan antibodi yang sangat lengkap, yakni Immunoglobulin E, Immunoglobulin M, Immunoglobulin A, Immunoglobulin D, dan Immunoglobulin G. Manfaatnya pastinya sangat luar biasa untuk anak, selain meningkatkan imunitas, ASI juga dapat mencegah berbagai virus dan penyakit.

Meski #dirumahaja, menjaga sistem imun tubuh tentunya penting sekali untuk dilakukan agar terhindar dari COVID-19. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *