Monopause dini? Ini solusinya!

by:

FamilyKesehatanTips dan Trik

Irshady – Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami, hal ini terjadi karena penuruan produksi hormon pada wanita yang biasanya terjadi diusia 45 hingga 55 tahun. Seseorang wanita bisa dikatakan monopause apabila sudah tidak menstruasi setidaknya 12 bulan. Menopause dini bisa dicegah atau diobati dengan beberapa penanganan medis dan perawatan yang tepat. Salah satunya adalah mengkonsumsi obat yang sesuai dengan gejala yang Anda alami.

Hadirnya apotik online membuat kita semua dengan mudahnya bisa menemukan obat yang tepat sesuai dengan gejala yang kita alami. Berikut beberapa perawatan dan obat yang bisa Anda konsumsi pada saat monopause dini:

cara mengatasi Monopause dini

1. Terapi hormon

Terapi hormon adalah cara paling efektif untuk mengontrol gejala monopause dini. Terapi hormon ini tersedia dalam berbagai bentuk termasuk pil, patch, semprotan transdermal, gel dan krim, serta sediaan untuk penggunaan intravaginal. Tentunya tiap mengkonsumsi obat secara berkala, akan ada efek sampingnya seperti resiko serangan jantung, stroke hingga kanker payudara. Maka disarankan mengkonsumsi obat yang dapat menerapi hormon dengan dosis yang rendah.

2. Pil KB

Mengkonsumsi pil KB merupakan bentuk lain terapi hormon yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala menopause dini.

3. Gel, krim dan pelumas vagina non-hormonal

Pelumas ini dapat membantu mencegah kekeringan pada vagina di masa menopause dini.

3. Obat antidepresan

Golongan obat selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) bisa membantu meringankan  rasa panas atau gerah (hot flashes), vagina kering, dan penurunan gairah seks.

4. Teknologi reproduksi bantuan

Wanita dengan menopause dini akan menghadapi susah hamil yang berdampak pada sulitnya punya momongan atau keturunan. Namun demikian, kehamilan tetap bisa diusahakan melalui cara lain, yakni dengan donor sel telur.

Selain mengkonsumsi obat-obatan diatas dan melakukan perawatan kesehatan, Anda juga bisa mengimbangi dengan mengonsumsi asupan kaya kalsium dan vitamin D, serta rutin berolahraga. Berbagai macam obat yang tepat bisa Anda konsultasikan ke HonestDocs yang pastinya memiliki layanan pemerikasaan 24 jam serta gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Mudah dan praktis bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *