Pentingnya Laporan Keuangan Pada Perusahaan Dagang

by:

BisnisKeuangan

Irshady – Aplikasi laporan keuangan gratis  saat ini menjadi langkah mudah dalam menyusun pembukuan sederhana bagi usaha mikro maupun makro. Salah satu usaha yang tidak luput dari pentingnya pembukuan dan laporan keuangan adalah usaha dagang yang saat ini menjadi bisnis yang paling digemari. Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang membeli barang dari supplier dan menjual kembali tanpa melakukan perubahan atau modifikasi pada barang tersebut.

Pada dasarnya laporan keuangan perusahaan dagang sama seperti perusahaan lainnya. Hanya saja, letak perbedaanya terletak pada elemen atau jenis akun yang ada dalam laporan. Untuk itu, pada artikel kali ini akan lebih membahas tentang komponen laporan keuangan dalam perusahaan dagang.

Komponen Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

aplikasi laporan keuangan gratis

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau biasa disebut profit & loss yaitu laporan aktivitas operasi perusahaan. Dalam laporan ini berisi tentang rincian informasi beban, penghasilan, laba dan rugi perusahaan dalam satu periode tertentu. Dua komponen penting dalam laporan ini adalah penjualan dan juga beban dan komponen lain yaitu harga pokok penjualan.

Neraca (balance sheet)

Dalam Laporan ini berisi tentang informasi daftar aktiva, modal bisnis dan kewajiban dalam periode tertentu. Secara umum, bentuk dari neraca ini terbagi  menjadi dua yaitu bentuk staffel yang disusun ke bawah dan meletakkan saldo pada bagian samping. Adapun bentuk yang kedua yaitu bentuk skontro yang memisahkan antara aktiva dan pasiva terletak di sebelah kiri.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas memuat tentang informasi jumlah kas yang diterima mulai dari pendapatan tunai, investasi tunai dari pemilik dan jumlah kas perusahaan. Selain itu laporan ini juga memuat beban yang harus dikeluarkan, pengambilan prive, dan pembayaran utang.

Laporan Persediaan atau Stok Barang

Bagi perusahaan dagang, sangat perlu memiliki laporan persediaan barang atau inventory yang menyajikan informasi tentang stok barang. Sebaiknya, kamu memiliki catatan stok awal, harga penjualan, retur pembelian, retur penjualan dan sebagainya.

Laporan Utang dan Piutang

Laporan hutang dan piutang juga menjadi salah satu laporan yang harus ditata dengan rapi agar kamu bisa mengetahui kapan kamu harus membayar hutang dan kapan kamu mendapatkan hak piutang dari pelanggan. Dalam hal ini sebaiknya kamu memisahkan antara catatan hutang dan piutang sehingga memudahkan dalam mendapatkan informasi.

untuk lebih memudahkan hal tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan Buku Kas yang dilengkapi dengan fitur pencatatan yang mudah digunakan. Jika selama ini kamu kesulitan dalam mencatat hutang, aplikasi ini juga memiliki fitur pencatat hutang dan piutang serta fitur penagih hutang dengan via Whatsapp.

Aplikasi laporan keuangan gratis  menjadi teknik pembukuan yang paling banyak digunakan saat ini karena Buku Kas memiliki user interface yang mudah digunakan. Bukan hanya oleh perusahaan dagang skala besar, tetapi aplikasi ini juga banyak digunakan oleh perusahan dagang skala kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *