Rekomendasi Cara Cek Domain Mudah Tanpa Ribet

by:

InternetLifestyleTips dan Trik

Irshady – Domain adalah bagian yang penting dalam sebuah website. Ya, domain adalah alamat yang dituju ketika hendak membuka website. Oleh karena itu, saat hendak membuat website, maka Anda harus menentukan terlebih dahulu nama domain yang akan digunakan. Saat ini, ada banyak cara cek domain mudah yang bisa digunakan tanpa ribet.

Perlu diketahui bahwa biasanya, nama domain akan cukup berpengaruh pada tingkat popularitas dari website. Domain yang menarik dan sesuai dengan isi website akan memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian. Tentu, dengan demikian, traffic website akan cenderung banyak dan selalu meningkat.

cara cek domain

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Sebagaimana disinggung di awal bahwa nama domain adalah hal yang penting untuk membangun website. Dengan nama yang tepat, maka website tentu akan cenderung lebih mudah untuk dikunjungi.

Nah, berkaitan dengan nama domain, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memilihnya. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gunakan nama domain yang kreatif

Memilih domain sama dengan memilih brand dari suatu produk. Oleh karena itu, nama domain yang diambil harus memiliki sisi kreatif yang sangat menarik. Nah, pikirkan nama-nama yang kreatif yang cocok untuk membentuk domain yang Anda inginkan. Dengan nama yang unik dan kreatif, maka ada sisi brand-able yang muncul.

2. Pastikan nama domain mudah diketik

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membuat nama domain adalah pastikan jika nama domain tersebut cenderung mudah diketik. Ini adalah tips yang sangat penting karena dengan kemudahan saat diketik, maka pengguna internet akan cenderung mudah berkunjung ke website yang Anda kelola. Tentu, jangan menggunakan singkatan dan kata yang cenderung aneh.

3. Gunakan nama yang pendek

Tips lain yang perlu diketahui perihal memilih nama domain adalah memilih nama domain yang pendek. Terkadang, seseorang memilih sebuah nama domain yang panjang karena untuk menyesuaikan isi website. Padahal, hal semacam ini tentu saja salah.

Akan lebih baik jika Anda memilih nama domain yang cenderung pendek. Hal ini beralasan karena nama yang pendek akan mudah diingat. Bahkan, jika memungkinkan, buatlah domain dengan maksimal 17 karakter saja.

4. Memikirkan target jangka panjang

Memilih domain bukan perkara yang biasa saja. Oleh karena itu, saat hendak menentukan nama domain, maka Anda harus berpikir hingga jauh ke depan di mana domain tersebut akan selalu dipakai. Oleh karena itu, pikirkan nama domain yang cocok meskipun nantinya Anda mengubah isi website.

5. Mempertimbangkan target area

Memilih nama domain berdasarkan area juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Pemilihan ini bisa dihubungkan dengan target area yang Anda inginkan. Selain itu, nama domain dengan target juga akan cenderung menguntungkan jika Anda ingin melakukan promosi tentang area tertentu.

Beberapa poin di atas perlu diperhatikan untuk memilih domain yang tepat. Hal yang perlu diingat adalah domain akan berpengaruh pada popularitas website.

Cara Mengecek Ketersediaan Domain

Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana mengecek nama domain karena nama domain suatu website tidak boleh sama. Nah, dalam hal ini, ada cara yang cukup mudah dan bisa digunakan dengan simple.

Guna mengecek ketersediaan nama domain, maka Anda bisa menggunakan WHOIS lookup. Ini adalah tool yang berguna untuk membantu Anda mengecek status kepemilikan domain. Dengan tool ini, maka Anda bisa mengetahui apakah domain yang Anda inginkan tersedia.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara cek domain mudah yang bisa dilakukan. Cek ketersediaan nama domain dan buat website Anda dengan keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *