Reksadana Pendapatan Tetap Menguntungkan? Ini Jawabannya!

Irshady – Reksadana pendapatan tetap bisa dijadikan pilihan investasi yang menjanjikan banyak keunggulan sekarang ini. Nantinya pihak manajer investasilah yang bakal menginstruksikan untuk menginvestasikannya ke dalam berbagai bentuk. Mulai dari saham, obligasi hingga deposito. Lalu apakah reksadana jenis ini menguntungkan? Berikut jawabannya.

Apa yang Dimaksud dengan Reksadana Jenis Ini?

Hal pertama yang tentunya mesti Anda ketahui terlebih dulu adalah pengertian dari reksadana jenis yang satu ini. Sederhananya reksadana jenis ini akan membuat Anda menginvestasikan paling minimal 80 persen dari jumlah aset yang dimiliki. Nantinya aset investasi tersebut akan berupa efek utang atau obligasi yang bisa diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah.

Tujuannya sendiri adalah untuk bisa menghasilkan tingkat pengembalian yang bisa mendapatkan keuntungan. Walau tidak bisa dipungkri juga bahwa reksadana yang satu ini juga memiliki risiko yang cukup besar. Apalagi Anda melakukan perbandingan dengan reksadana jenis pasar uang maka risiko yang ditanggung juga akan lebih besar.

reksadana pendapatan tetap
Gambar : google.co.id

Siapa yang Cocok Memilih Reksadana Jenis Ini?

Setelah Anda mengetahui definisi dari jenis reksadana yang satu ini, maka hal berikutnya yang tidak kalah penting diketahui adalah konsumen seperti apa yang bisa menggunakannya. Soalnya tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mendapatkan keuntungan dari jenis reksadana ini tentunya juga harus berada di tangan orang yang tepat. Tidak terkecuali bagi para investor itu sendiri.

Bisa dibilang, reksadana pendapatan tetap ini sangat cocok bagi mereka yang bertipe investor konservatif. Investor bertipe konservatif ini memiliki kecenderungan untuk menghindari risiko yang tidak bisa ditebak dan juga tidak memberikan keamanan. Hal tersebutlah yang kemudian membuat reksadana yang satu ini adalah pilihan terbaik bagi jenis investor tersebut.

Selain itu, tipe investor yang satu ini juga dikenal dengan kebiasaannya lebih memilih investasi yang keuntungannya tidak terlalu besar tapi stabil. Kestabilan atau keamanan inilah yang paling banyak dicari oleh para investor tipe konvensional tersebut. Bisa dibilang, mereka enggan untuk mencoba investasi yang terlalu berisiko meskipun kemungkinan keuntungannya juga besar.

Apakah Investor Memperoleh Pendapatan yang Tetap?

Apabila mendengar nama reksadana yang satu ini, pastinya akan membuat banyak orang menyimpulkan satu hal. Hal tersebut adalah investor akan mendapatkan pendapatan yang tetap. Namun, benarkah seperti itu? Sebelum bisa menjawab pertanyaan tersebut maka Anda harus mengetahui terlebih dulu tentang cara kerja dari reksadana.

Perlu diketahui bahwa cara kerja reksadana menyangkut dua hal yaitu reinvestasi dan juga likuiditas. Untuk reinvestasi sendiri adalah semua pengelolaan terhadap reksadana tersebut akan kembali langsung ke manajer investasinya. Nantinya manajer investasi tersebut akan menggunakannya demi bisa melakukan investasi kembali.

Sedangkan untuk likuiditas adalah kewajiban manajer investasi untuk memproses pembayaran dari perintah penarikan investor. Dengan adanya faktor reinvestasi sekaligus likuiditas maka jenis reksadana yang satu ini tidak bisa mendapatkan pendapatan yang tepat. Namun sebagai gantinya, Anda akan mendapatkan investasi dengan risiko yang lebih stabil sekaligus aman.

Apakah Memberi Keuntungan?

Pertanyaan terakhir sekaligus menjadi pertanyaan yang terpenting adalah jenis reksadana ini akan mampu memberi keuntungan atau tidak? Jawabannya tentu saja akan mampu memberikan keuntungan bagi para investornya. Namun tentu dengan catatan bahwa semua persyaratan harus dipenuhi lebih dulu. Mulai dari obligasi, suku bunga hingga inflasi yang terjadi.

Jadi bagi Anda yang memang tertarik dengan reksadana pendapatan tetap maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Selama Anda juga mengetahui seluk-beluk dari jenis reksadana yang satu ini dan juga mengetahui tantangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *