Resep Cimol Bojot Daun Jeruk

by:

KulinerResep

Irshady – Kamu penyuka jajanan-jajanan seperti cimol ? tapi bosan dengan varian cimol yang itu-itu saja dan ingin mencoba varian cimol yang unik. Tenang karena sekarang sudah ada varian cimol baru yakni cimol bojot. Ya, jajanan cimol bojot ini merupakan jajanan khas dari kota Garut yang merupakan cimol basah yang diberi tambahan bumbu asin pedas dan juga minyak bawang di setiap penyajiannya.

Perbedaan antara cimol biasa dengan cimol bojot ini terletak pada tekstur dan juga bumbu tambahan dari cimol ini sendiri. Jika cimol biasanya memiliki tekstur yang kriuk dan juga kopong tetapi cimol bojot ini memiliki bentuk yang kecil-kecil, padat, dan juga masih kenyal karena cimol ini hanya digoreng setengah matang.

Belakangan ini jajanan cimol bojot sedang naik daun di kota-kota besar, mungkin karena cimol bojot ini memberikan rasa dan juga sensasi baru yang berbeda dengan cimol yang biasa dijual di pedagang cimol.

Apakah kamu ingin mencoba membuat cimol bojot ini ? Tenang saja karena kamu bisa mengikuti resep dan cara membuat cimol bojot sesuai dengan resep dan panduan dibawah ini. Dijamin rasa dan teksturnya mirip dengan cimol bojot asli Garut. Berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat cimol bojot.

resep dan cara membuat cimol

  • 250 gram tepung tapioka
  • 25 gram tepung terigu
  • 1 siung bawang putih halus
  • 3 bungkus bumbu penyedap
  • 1 bungkus bumbu atom
  • Bumbu pedas aida secukupnya
  • Minyak bawang secukupnya
  • Bawang putih goreng secukupnya
  • 4 lembar daun jeruk
  • Minyak goreng secukupnya

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan diatas maka kamu bisa langsung memulai proses pembuatan dari cimol bojot ini.

  1. Campurkan tepung terigu dan juga tepung tapioka kedalam satu wadah kemudian beri 1 bungkus bumbu penyedap kedalam campuran tepung tersebut.
  2. Setelah campuran tepung tersebut tercampur maka kamu bisa menambahkan bawang putih halus dan juga memasukan air panas kedalam adonan sedikit demi sedikit sambal diaduk sampai adonan menjadi rata.
  3. Setelah adonan rata lalu kamu bisa memulai membulat-bulatkan adonan sesuai ukuran dari cimol bojot.
  4. Setelah itu goreng bawang putih dan juga daun jeruk sampai berwarna kecoklatan.
  5. Untuk memulai menggoreng cimol bojot ini terlebih dahulu masukan adonan kedalam minyak goreng dingin dan diamkan selama 3 menit.
  6. Setelah itu barulah adonan bisa digoreng sampai kematangannya cukup lalu angkat dan tiriskan cimol tersebut.
  7. Setelah cimol matang lalu untuk penyajiannya masukan cimol kedalam wadah dan berikan tambahan minyak bawang, daun jeruk, bumbu atom dan juga bubuk pedas aida sesuai dengan selera kamu.
  8. Setelah semua bumbu masuk kemudian aduk-aduk cimol sampai terselimuti oleh bumbu dan cimol bojot pun sudah siap untuk dihidangkan.

Nah, itulah resep dan cara membuat cimol bojot jajanan khas dari kota Garut yang memiliki citarasa pedas gurih ditambah dengan aroma daun jeruk dan juga minyak bawang yang semakin menambah kelezatannya.

Jajanan seperti cimol bojot ini sangat cocok jika disajikan saat keadaan panas-panas karena akan menambah kenikmatan rasanya. Cimol inipun biasanya dijual didalam kemasan plastic sehingga mudah untuk dimakan.

Semoga dengan adanya resep ini bisa memberikan inspirasi resep jajanan berbahan dasar tepung tapioka yang bermacam-macam. Jajanan cimol bojot ini juga memiliki peluang bisnis yang cukup besar karena saat ini jajanan cimol bojot ini sedang banyak dicari oleh anak-anak karena rasanya yang enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *