Sudah Tahu Cara Lihat Spesifikasi Laptop ? Cek Disini !

by:

TeknologiTips dan Trik

Irshady – Ketika akan membeli laptop, pastinya anda akan melihat terlebih dahulu bagaimana spesifikasi dari jenis laptop yang akan anda beli. Mengetahui spesifikasi pada laptop memiliki peranan yang sangat penting yakni untuk mengetahui komponen komponen apa saja yang terdapat pada laptop yang akan anda beli tersebut.

Untuk itu, pada ulasan kali ini akan dibahas tentang cara lihat spesifikasi laptop yang perlu anda tahu. Berikut simak ulasannya.

Beberapa Cara Yang Bisa Anda Coba Untuk Mengetahui Spesifikasi Laptop

 Cara Lihat Spesifikasi Laptop

1. Dengan Menggunakan Perangkat Lunak Dxdiag

Untuk mengetahui apa saja spesifikasi yang terdapat pada laptop anda, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan perngkat lunak Dxdiag. Dimana perangkat lunak ini cukup mudah untuk anda gunakan.

Langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk menunjukkan spesifikasi laptop dengan menggunakan perangkat lunak ini adalah dengan membuka run yang caranya adalah dengan mengaktifkan tombol pada laptop anda.

Sebagai salah satu cara lihat spesifikasi laptop yakni dengan menekan tombol windows + R pada keyboard laptop anda. Kemudian, akan muncul dialog box yang berisikan tab tab yang nantinya akan menunjukkan anda bagaimana cara yang tepat untuk melihat spesifikasi dari laptop anda. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi anda yang akan membeli laptop baru.

2. Dengan Menggunakan Perangkat Lunak CPU – Z

Selain itu, ada juga cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui spesifikasi dari laptop anda. Dilansir dari halaman website harapanrakyat.com, anda dapat melihat apa saja spesifikasi laptop melalui perangkat lunak CPU – Z yang dimana perangkat ini pun juga akan menyediakan spesifikasi untuk laptop anda dengan cukup mudah dan lumayan lengkap.

Untuk mengaktifkan ini, awalnya anda bisa dengan melakukan download CPU – Z di CPUID. Setelah itu, anda bisa memasangnya di laptop anda, barulah anda pun nantinya akan bisa melihat spesifikasi dari laptop anda.

Hal ini tentu saja agar anda mengetahui seperti apa prosesor yang dipakai untuk laptop anda. Sehingga nantinya ketika anda akan membeli laptop anda telah mengetahui spesifikasi seperti apa yang anda butuhkan.

3. Dengan Menggunakan Software Speccy

Untuk cara lihat spesifikasi laptop yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan software speccy. Untuk menggunakan softaware ini, tentu saja anda perlu untuk mengunduhnya terlebih dahulu.

Setelah anda berhasil mengunduhnya, maka langkah selanjutnya adalah anda bisa melakukan instalasi software ini pada laptop anda. Kemudian setelah instalasi berhasil, barulah anda bisa melihat bagaimana spesifikasi dari laptop anda secara lengkap dan mendetail.

Melalui software ini pun anda nantinya akan mengetahui detail yang lebih jelas mengenai spesifikasi laptop anda. Anda pun tentu saja juga dapat melihat ringkasan tab yang dimana akan memperlihatkan secara lebih rinci bagaimana spesifikasi laptop anda.

Untuk itu, anda pun jadi mengetahui tentang prosesor yang digunakan hingga RAM yang terdapat pada laptop anda tersebut.

4. Dengan Menggunakan Command Prompt

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengetahui dan melihat spesifikasi dari laptop anda adalah dengan menggunakan command prompt. Anda pun bisa dengan menggunakan systeminfo.exe yang dimana dapat melihat spesifikasi laptop yang merupakan permintaan dari CMD. Untuk langkahnya sendiri, anda bisa dengan membuka command prompt pada pencarian.

Lalu selanjutnya, anda pun bisa dengan menekan klik kanan dan menjalankan administrator. Kemudian ketikan perintah systeminfo dan setelah itu anda pun akan mendapatkan spesifikasi dari laptop anda yang lengkap dan detail.

Sehingga anda pun bisa mengetahui bagaimana isi dari laptop anda secara mendetail. Cara lihat spesifikasi laptop dengan tahapan ini merupakan salah satu langkah yang paling mudah yang bisa anda gunakan.

Setelah itu, anda pun bisa dengan mudah mengetahui spesifikasi dari laptop anda. Cara tersebut bisa anda coba ketika anda akan membeli laptop yang baru. Hal tersebut dikarenakan agar anda nantinya akan dapat melihat dan memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sehingga melihat dan mengetahui spesifikasi dari laptop merupakan salah satu hal penting yang harus anda lakukan. Untuk itu, anda pun akan lebih yakin sebelum melakukan proses pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *