Tanda Bayi Mengalami Growth Spurt yang Perlu Diketahui

by:

FamilyParenting

Irshady – Bagi Anda yang memiliki bayi, apakah Anda sudah pernah mendengar tentang istilah growth spurt sebelumnya? Nah, secara singkat, growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang terjadi pada bayi. Sesuai pengertiannya, bayi yang mengalami growth spurt akan tumbuh cenderung lebih cepat dibandingkan bayi lain seusia-nya.

Sebenarnya, growth spurt adalah hal yang wajar dan tidak mengkhawatirkan asalkan Anda melakukan penanganan yang tepat. Oleh karenanya, untuk memberikan penanganan yang tepat tersebut, ada beberapa tanda bayi mengalami growth spurt yang perlu diketahui.

Apa saja tanda yang menunjukkan bahwa bayi mengalami growth spurt? Simak ulasan selengkapnya!

growth spurt adalah

Ciri Bayi Mengalami Growth Spurt

Beberapa ciri umum bayi yang mengalami growth spurt diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Selalu terlihat lapar

Salah satu ciri paling mendasar dari growth spurt yang terjadi pada bayi adalah ia terlihat selalu lapar. Jika umumnya bayi akan menyusu sekitar dua jam, maka ia akan menyusu jauh lebih lama jika mengalami growth spurt.

Secara umum, growth spurt akan berlangsung sekitar dua hingga empat hari. Meskipun bagi sang ibu hal tersebut melelahkan, namun bagi bayi, menyusu lebih sering justru akan membuat kecukupan nutrisi mereka terjamin.

2. Pola tidur yang berubah

Perubahan pola tidur pada bayi juga merupakan tanda terjadinya growth spurt. Perubahan yang terjadi pada pola tidur pun cukup beragam di mana bayi bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur saat growth spurt ataupun justru malah kurang tidur.

Dalam hal ini, orang tua harus bijak untuk mengatur pola tidur bayi. Hal ini sangat penting karena pola tidur bayi secara umum berpengaruh pula pada bagaimana kondisi bayi tersebut.

3. Bayi lebih rewel

Hal lain yang menandakan bayi mengalami growth spurt adalah ia tampak lebih rewel dari biasanya. Bayi yang rewel kemungkinan disebabkan karena ia cenderung lebih sering merasa lapar serta merasa lelah. Oleh karenanya, ibu harus lebih sabar dalam menghadapi apa yang terjadi pada bayi.

Bisa dikatakan jika growth spurt adalah hal yang wajar terjadi pada bayi. Hanya saja, dalam hal ini, ibu harus melakukan penanganan dengan tepat agar dampak buruk tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *