Tips Belajar Les Gambar Untuk Anak

by:

FamilyParentingTips dan Trik

Irshady – Menggambar merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Memiliki berbagai manfaat yang baik untuk perkembangan si kecil. Oleh karena itu banyak orang tua yang memberikan les gambar pada anaknya. Mengajarkan menggambar pada anak, juga bisa dimulai dari rumah. Bisa meningkatkan keterampilan motorik dan kreativitasnya. Namun mengajarkan menggambar pada anak memang tidak mudah. Apalagi yang masih kecil dibawah 5 tahun. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan.

les gambar

Ajarkan Bentuk-Bentuk Sederhana

Mulailah ajarkan anak-anak dengan menggambar bentuk sederhana. Seperti bentuk kotak, bulat, jajar genjang, segitiga, oval dan lainnya. jangan paksakan anak-anak untuk menggambar bentuk yang bagus. Biarkan dia berkembang dengan sendirinya. Yang penting anda memberikan contoh dan biarkan ditiru.; jika anak sudah mahir menggambar bentuk sederhana. Bisa mulai diajarkan gambar bentuk tunggal. Seperti mangga, jeruk, apel, dan lainnya.

Biarkan Anak Menjiplak

Jangan paksakan anak untuk menggambar sendiri dan langsung bagus. Biarkan dia menjiplak terlebih dahulu atau menggambar sesuka hatinya. Metode belajar ini lebih efektif dibandingkan menyuruh anak untuk menggambar dengan bentuk bagus. Bila dia menjiplak, jangan langsung dijudge hasilnya. Walaupun jauh berbeda dari yang dijiplak, jangan langsung memarahi atau menyalahkannya. Jika sudah beberapa kali, jangan biasakan anak menjiplak, karena bisa membuat kreativitasnya tidak meningkat.

Sediakan Fasilitas Lengkap

Jika ingin mengajarkan les anak menggambar, jangan lupa untuk menyediakan fasilitas lengkap. Berikan fasilitas menggambar yang dibutuhkan anak-anak. Seperti pensil warna, buku gambar, krayon, kuas dan lainya. Untuk anak dibawa umur, pilih cat warna yang aman bagi anak-anak. Pilihlah yang aman bila termakan. Karena anak-anak sering memasukan benda-benda ke dalam mulutnya. Sediakan perlengkapan menggambar sesuai kebutuhan anak, dengan begitu dia akan selalu berkreasi dengan gambarnya

Berikan Kesempatan Menggambar Bebas

Bebaskan anak untuk menggambar sesuai ide kreasinya. Jangan tuntut anak untuk menggambar apa yang anda inginkan. Anak-anak biasanya memiliki kreativitas tinggi. Dengan menggambar bebas bisa meningkatkan perkembangan motorik dan kreativitasnya. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi atas gambar yang anak anda hasilnya. Minta anak untuk menceritakan apa yang dia gambarkan. Sehingga dia bisa merasa lebih percaya diri dengan hasilnya.

Berikan Media Menggambar Yang Unik

Untuk membuat anak semakin semangat menggambar, berikan media yang unik. Jangan hanya menggambar di buku gambar atau kertas. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menggambar di dinding khusus atau papan tulis. Bahkan anda bisa menggunakan salah satu perabot di rumah sebagai medianya. Tapi berikan peraturan yang jelas, sehingga anak-anak tidak menggambar di semua sudut rumah,

Itulah beberapa tips mengajarkan anak les gambar yang seru dan menyenangkan. Yang bisa meningkatkan kemampuan motorik dan kreativitasnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *