Tips Membuat Nasi Goreng Mawut Khas Malang

by:

InformasiKulinerTips dan Trik

Irshady – Tidak dimungkiri memang jika ada banyak sekali sajian khas Indonesia dari berbagai provinsi yang berbeda. Adanya banyak sajian ini menjadi bukti kekayaan kuliner nusantara yang tentu saja sangat menggugah selera. Nah, berbincang tentang kuliner Indonesia, ada salah satu kuliner khas dari Malang yang bisa Anda coba untuk menikmati, yaitu nasi goreng mawut.

Pernahkah Anda mendengar tentang sajian kuliner yang satu ini? Bisa dikatakan bahwa nasi goreng mawut adalah salah satu menu makanan khas Malang yang sangat diburu, terutama untuk mereka yang suka kuliner malam. Memang, seperti namanya, menu ini adalah nasi goreng sebagaimana umumnya, namun ada tambahan mi sehingga nasi goreng yang dimasak tampak berantakan atau mawut.

nasi goreng mawut

Nasi Goreng Mawut, Menu Merakyat yang Begitu Istimewa

Di Malang, sajian nasi goreng mawut bisa dikatakan sebagai salah satu menu istimewa yang tentu saja sangat diburu oleh masyarakat. Namun, perlu diketahui bahwa di daerah lain di Indonesia, menu ini sering juga disebut dengan nasi goreng magelangan. Jika Anda familiar dengan nama yang kedua, maka Anda sebenarnya sudah familiar pula dengan nasi goreng mawut.

Dalam pembuatannya, nasi goreng mawut ini menggunakan cukup banyak campuran. Namun, campuran yang sangat penting pada menu ini adalah mi basah. Ya, mi basah memang menjadi ciri dari sajian ini sehingga tidak boleh ditinggalkan.

Selain mi, ada beberapa campuran lain yang ditambahkan seperti kol, sayuran, ayam suwir dan lainnya. Beberapa penjual bahkan menambahkan sosis untuk cita rasa yang lebih istimewa. Bisa dikatakan menu ini adalah menu yang cukup mengenyangkan. Oleh karenanya, wajar bila diburu oleh masyarakat!

Tips Membuat Nasi Goreng Mawut

Sebenarnya, menu nasi goreng mawut adalah nasi goreng biasa. Hanya saja, beberapa tambahan yang disebutkan di atas menjadi ciri khas dari menu nasi goreng ini. Oleh karenanya, Anda pun sebenarnya bisa membuat nasi goreng mawut di rumah dengan cukup mudah.

Hanya, ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk membuat menu yang satu ini. Beberapa tips yang cukup penting adalah sebagai berikut:

1. Pilih nasi yang agak keras

Nasi menjadi hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membuat menu nasi goreng mawut. Ya, hal ini sangat penting karena pilihan nasi nantinya akan berpengaruh pada rasa menu nasi goreng yang Anda buat. Bisa dikatakan bahwa sebenarnya nasi yang digunakan untuk membuat nasi goreng adalah khusus.

Dalam hal ini, Anda jangan menggunakan nasi yang terlalu pulen atau lembek. Usahakan menggunakan nasi yang agak keras dan terlepas satu sama lain. Dengan demikian, bumbu akan cenderung menyebar dengan sempurna dan nasi goreng pun bisa dibuat dengan lebih mudah.

2. Memilih mi yang tepat

Untuk nasi goreng mawut, mi menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Anda perlu memilih mi yang khusus sebelum mulai memasak. Untuk pilihan mi, pilihlah mi basah yang banyak tersedia di pasaran. Namun, pastikan bahwa mi tersebut memiliki kandungan yang aman dan tentu saja masih segar.

3. Olah mi dengan tepat

Pengolahan mi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menyeduh mi terlebih dahulu agar mi tidak terlalu kaku sehingga terasa nikmat jika nantinya disantap. Selain itu, sebagai tambahan, Anda sebaiknya tidak terlalu banyak menambahkan mi ke dalam menu nasi goreng.

Nah, beberapa tips di atas tentu akan membantu Anda membuat sajian nasi goreng mawut ala Malang yang nikmat. Coba googling resep nasi goreng mawut yang tepat untuk membantu Anda membuatnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *