Tips Memilih Donasi Online Agar Tidak Tertipu

by:

InformasiTips dan Trik

Irshady – Saat ini ketika media online seperti sebuah candu bagi masyarakat dimana banyak sekali yang membuka media sosial untuk melepas jenuhnya maka tidak heran apabila media online sering dimanfaatkan oleh banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mencari keuntungan pribadi atau kelompoknya. Oleh karena itulah banyak terjadi penipuan di media sosial dengan kedok donasi. Banyak yang tidak sadar akan adanya penipuan berkedok donasi ini baik dalam bentuk uang, barang, transfuse darah dan dukungan akan tetapi tentunya hal ini tidak berlaku di tempat donasi online seperti wecare.id yang sudah terpercaya.

Media sosial merupakan sebuah platform yang kekuatannya tergantung pada masyarakat dengan begitu perbuatan jahat, penipuan sangat mungkin terjadi di media sosial. Akan tetapi seiring berjalannya waktu masyarakat tentunya sudah semakin cerdas dalam memilih informasi yang aktual. Termasuk memilih berita mana yang terpercaya dan benar.

Ketika anda memilih untuk berdonasi dan untuk menghindari dari yang namanya penipuan sangat penting anda melakukan check and recheck. Luangkan waktu untuk mencari tahu kebenaran dari badan amal yang akan anda donasi. Apabila yayasan amalnya ada di facebook cari tahu admin yang menggalang dana tersebut.

tempat donasi online seperti wecare.id

Cara memilih tempat donasi

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam memilih tempat donasi online seperti di wecare.id misalnya. Di wecare.id ini menawarkan pemberian donasi yang lebih aman dan terpercaya karena ada banyak sekali keunggulan yang diberikan seperti anda sebagai pendonor akan selalu diberikan kabar tentang pasien yang anda bantu dan sebagai orang yang sakit tentunya sudah di berikan data yang jauh lebih riil terkait sakit dan lain sebagainya di kolom komentar. Ada beberapa langkah yang dapat anda jadikan cara memilih tempat donasi terpercaya yang dapat anda lakukan.

Pastikan anda mempunyai teman atau kenalan yang sudah mendonasi

Media sosial memang anda dapat menggalang dana dengan hasil yang tidak dapat anda perkirakan akan tetapi perlu disadari bahwa media sosial ataupun dunia maya rentan akan tipu – tipu oleh karena itu anda harus aktif mengecheck kebenaran dengan melihat profil badan usaha, lembaga dan yayasan penyelenggara. Setidaknya anda tau badan tersebut bergerak di bidang apa. Anda dapat menanyakan ke kenalan, teman ataupun saudara anda terkait tempat biasa yang terpercaya dalam menerima donasi. Menymbang tidak harus banyak yang penting ada niat dan apabila mampu dapat berkelanjutan.

Cobalah untuk mendatangi alamat yayasan

Cobalah untuk mendatangi tempat atau yayasan donasi yang ingin anda taruh sumbangan anda. Dengan melihat tempat donasi itu tentunya akan semakin membuat anda yakin ketika akan berdonasi. Pastikan yang membuat donasi mencantumkan alamat di bio mereka sehingga anda dapat mendatangi tempat mereka kapan saja anda inginkan. Sangat penting sekiranya anda membaca kebenaran sebuah berita donasi jangan sampai anda berdonasi untuk hal – hal yang tidak seharusnya dan akhirnya donasi anda akan diberikan ke pihak yang tidak bermanfaat.

Jangan cepat percaya

Sebelum anda berdonasi sangat penting untuk mengetahui target yang akan anda berikan donasi dan pastikan anda dapat mengontak dengan penggalang donasi. Untuk mencari tahu kebenarannya anda dapat menanyakan ke penggalang dana serta anda dapat melakukan googling apabila beritanya sudah viral.

Anda dapat berdonasi lewat yayasan atau LSM

Pastikan terdapat orang yang anda kenal di balik penggalangan dana dan pastikan bahwa ia memang bekerja di LSM atau yayasan penggalangan dana tersebut. Melakukan check sangatlah penting agar apa yang anda donasikan tepat guna, tidak sia – sia dan sampai ke tangan yang tepat.

Itulah beberapa tips dalam memilih donasi yang terpercaya yang dapat anda lakukan. Memilih tempat donasi online di wecare.id dapat menjadi pilihan anda dalam berdonasi karena tempatnya sangat terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.