Urutan Perawatan Wajah Wanita Saat Malam Hari

by:

InformasiKecantikanLifestyle

Irshady – Sel kulit akan tumbuh lebih cepat ketika malam hari, sehingga malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan skincare dengan tujuan untuk memperbaiki setiap kerusakan sel kulit yang terjadi di siang hari oleh polusi, debu, dan kotoran lain. Berikut urutan perawatan wajah yang bisa dilakukan seorang wanita pada malam hari atau sebelum ia tidur.

Perawatan Wajah

1. Exfoliate

Setelah membersihkan wajah Anda dari sisa makeup, selanjutnya adalah exfoliation atau scrub pengelupasan kulit. Exfoliation ini berfungsi untuk menghilangkan sisa kotoran dan sel-sel yang masih menempel untuk memudahkan kerja sabun pembersih untuk menembus kulit nantinya. Anda hanya perlu melakukan scrub ini satu minggu sekali.

Namun, apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda cukup melakukannya 2-3 minggu sekali untuk menghindari iritasi. Sebaliknya, jika  Anda memiliki kulit yang berminyak, Anda harus lebih rajin melakukan scrub ini sekitar 2-3 kali seminggu guna mengakomodasi penumpukan sel kulit mati.

2. Cuci muka

Urutan selanjutnya adalah mencuci muka dengan sabun pembersih yang spesifik untuk mengatasi masalah pada kulit. Jika kulit Anda kering atau sensitif, gunakan sabun wajah yang creamy dan tidak berbusa dan bebas pewangi  serta hipoalergenik, lalu basuh menggunakan air hangat. Jangan menggunakan air dingin atau bahkan air panas.

Memilih sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda sangatlah penting. Jika kulit Anda berminyak, maka gunakan sabu pembersih yang spesifik untuk kulit berminyak. Begitupun untuk jenis kulit yang lain. Pilih sabun sesuai jenis kulit Anda.

3. Toner

Setelah mencuci muka Anda bisa melanjutkannya dengan memakai toner. Basahi kapas dengan toner dan usapkan pada wajah untuk membersihkan wajah lebih optimal. Selain untuk membersihkan wajah, toner juga bisa menenangkan, memperbaiki, menghaluskan permukaan kulit, mengurangi noda, dan meminimalkan peradangan pada kulit.

4. Masker Wajah

Sebenarnya memakai masker wajah tidaklah wajib selama Anda melakukan urutan perawatan wajah yang lain. Namun, masker wajah dapat membuka pori sehingga bahan aktif akan mudah menyerap ke dalam kulit. Juga dapat memberikan sensasi menenangkan yang membuat tidur Anda semakin nyenyak. Tunggu 10-15 menit sebelum mencuci kembali wajah Anda.

5. Serum Wajah

Setelah wajah Anda kering, Anda bisa melanjutkan dengan mengoleskan serum wajah. Serum wajah berfungsi untuk membantu regenerasi kulit, mencerahkan, melawan keriput, jerawat, noda hitam, dan warna kulit tidak merata. Cukup oleskan pada wajah dan tunggu sekitar 10 menit sampai sisa bahan serum ynang menempel di wajah benar-benar meresap ke dalam.

6. Krim mata

Urutan skincare selanjutnya adalah memakai krim mata. Krim ini memiliki tekstur yang ringan dan khusus untuk melindungi dan menghidrasi kulit sekitar mata. Cukup oleskan sedikit krim ke area mata menggunakan jari manis dan tepuk-tepuk lembut. Tunggu 3-5 menit hingga krim mata benar-benar meresap ke dalam kulit.

7. Krim Malam

Kebanyakan produk serum wajah dan krim mata yang mengandung retinoid bersifat mengeringkan kulit, sehingga memakai pelembab atau krim malam sangat dibutuhkan. Cukup oleskan krim secara merata ke seluruh wajah dan leher dan tunggu sampai meresap. Pilihlah krim malam yang mengandung antioksidan, peptida, serta vitamin A dan C.

Setelah melakukan beberapa urutan perawatan wajah di atas, pastikan tidur Anda cukup nyenyak agar kulit bisa bekerja secara optimal dalam memelihara kesehatannya. Lakukan skincare malam di atas dengan rutin dan jangan sampai Anda salah dalam memilih produk karena justru akan merusak kulit wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *